24 Jam Berdarah dan Mengerikan di Bakhmut, 500 Tentara Rusia-Ukraina Tewas

0

“Juru bicara militer Ukraina, Serhiy Cherevatyi mengatakan bahwa 221 tentara pro-Moskow tewas dan lebih dari 300 terluka di Bakhmut. Sementara itu, Kementerian pertahanan Rusia mengatakan bahwa terdapat 210 tentara Ukraina tewas di bagian wilayah Donetsk”

Rekaman video baru Bakhmut yang diambil dari udara dengan drone untuk Associated Press menunjukkan pertempuran terpanjang dari invasi Rusia selama setahun telah mengubah Kota Bakhmut, tambang garam dan gipsum di Ukraina timur, menjadi kota hantu. Rekaman itu diambil pada 13 Februari 2023. Dari atas, skala kehancuran jelas terlihat. (AP PHOTO)

Mata-Hukum, Jakarta – Pihak Rusia dan Ukraina mengklaim bahwa lebih dari 500 tentara mereka menjadi korban tewas dan luka dalam pertempuran selama 24 jam di kota Bakhmut, Ukraina Timur pada Sabtu 12 Maret 2023.

pertempuran berkecamuk di Bakhmut (Foto: AP Photo/LIBKOS)


Juru bicara militer Ukraina, Serhiy Cherevatyi mengatakan bahwa 221 tentara pro-Moskow tewas dan lebih dari 300 terluka di Bakhmut. Sementara itu, Kementerian pertahanan Rusia mengatakan bahwa terdapat 210 tentara Ukraina tewas di bagian wilayah Donetsk.

“Kedua belah pihak mengaku menderita dan menimbulkan kerugian yang signifikan di Bakhmut, sementara jumlah pasti korban sulit diverifikasi secara independen,” dikutip dari Reuters, pada Minggu 12 Maret 2023.

Perang di Kota Bakhmut masih berlangsung sengit dan pasukan Rusia Ukraina terus saling membombardir untuk merebut Kota Bakhmut (AP Photo/Evgeniy Maloletka)

Diketahui, pasukan pro-Moskow telah berjuang selama berbulan-bulan untuk merebut Bakhmut, di wilayah timur Donbass. Dari sisi Russia, mereka mengklaim dengan merebut Bakhmut, dapat melubangi pertahanan Ukraina, dan menjadi langkah untuk merebut semua kawasan industri Donbass.

Getty Images/NurPhoto

Sedangkan pihak Ukraina bersikeras bahwa mereka harus bertahan di Bakhmut. Bertahan dinilai menjadi satu cara strategi yang ampuh untuk melancarkan serangan balik dari Ukraina.

Sebagai informasi, di pusat kota, Sungai Bakhmutka yang menandai garis depan bertemunya pasukan Russia dan Ukraina memang seringkali menjadi tempat terbuka untuk menjadi ‘zona pembunuhan’.

Rusia Klaim Rebut Kota Bakhmut, Pintu Masuk untuk Kuasai Ukraina Timur //facebook

Intelijen militer Inggris mengatakan bahwa hingga Sabtu 11 Maret 2023, kelompok tentara bayaran Wagner Rusia telah menguasai sebagian besar bagian timur Bakhmut. Pendiri kelompok tentara bayaran Wagner Rusia, Yevgeny Prigozhin mengklaim bahwa hal ini merupakan suatu kemajuan yang signifikan.

Perang di Kota Bakhmut masih berlangsung sengit dan pasukan Rusia Ukraina terus saling membombardir untuk merebut Kota Bakhmut (AP Photo/Evgeniy Maloletka)

“Di pusat kota, Sungai Bakhmutka sekarang menandai garis depan,” kata Kementerian Pertahanan Inggris dalam buletin intelijen hariannya.

Sebagaimana diketahui, sejak invasi penuh Rusia ke Ukraina dimulai pada Februari tahun lalu, puluhan ribu orang telah terbunuh, jutaan orang mengungsi, dan banyak kota di Ukraina hancur lebur.

Screengrab video menunjukkan situasi pertempuran di Kota Bakhmut pada 27 Februari 2023. Komandan Ukraina menyebut pertempuran di Bakhmut sangat mencekam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *