Angka Kelahiran Anjlok, TK China Kekurangan Murid

0

Mata-Hukum: Angka kelahiran di Negeri Tirai Bambu merosot tajam. Akibatnya, taman kanak-kanak (TK) di China kekurangan murid. Menurut statistik yang dirilis Kementerian Pendidikan China, jumlah TK swasta serta pendaftaran muridnya turun selama dua tahun berturut-turut sejak 2021.

Hal itu seiring dengan anjloknya angka kelahiran di China. Tercatat pada tahun lalu angka kelahiran tembus 9,5 juta bayi. Angka itu turun hampir separuh jika dibandingkan 2016 yang bisa 18,8 juta.

“Tidak ada anak yang mendaftar,” kata Liu Dewei, yang membuka TK Beilei di Rongxian, kabupaten di Guangxi, China Selatan yang berpenduduk total 656 ribu jiwa seperti dikutip South China Morning Post.

Lima tahun lalu, anak-anak yang mendaftar di TK Liu sebanyak 140 orang. Namun pada 2020, jumlahnya amblas menjadi sekitar 30 siswa.

Liu sempat mengira bahwa penurunan jumlah murid itu karena ketakutan anak akan pandemi covid-19. Namun, setelah Beijing mencabut aturan ketatnya akhir tahun lalu, tak ada yang berubah. Sekolah tetap sepi dan jumlah siswa yang mendaftar sedikit. Melihat kondisi ini, Liu kini mempertimbangkan untuk menutup sekolah anak tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *