Bantu Korban Gempa Turki-Suriah, Indonesia Kirim 65 Penyelamat dan 5 Ton Bantuan Logistik

0

“Hal ini adalah wujud menindaklanjuti terkait perintah Presiden Joko Widodo agar memberikan bantuan kepada Pemerintah Turki yang tengah dilanda gempa berkekuatan magnitudo 7,8 pada Senin 6 Februari 2023 lalu”

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam acara upacara pelepasan bantuan pemerintah Indonesia untuk korban gempa Turki dan Suriah yang digelar di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Sabtu 11 Februari 2023. (Istimewa)

Mata-Hukum, Jakarta – Pemerintah Indonesia mengirim bantuan berupa tim penyelamat serta bantuan logistik bagi korban gempa Turki-Suriah pada Sabtu 11 Februari 2023

Hal ini, diumumkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy di Lanud Halim Perdanakusuma.

upacara pelepasan bantuan ke Turki. (Istimewa)

Berdasarkan tayangan di YouTube Kompas TV, terkait tim penyelamat, Muhadjir mengungkapkan Pemerintah Indonesia mengirim tim penyelamat untuk korban gempa Turki, sebanyak 65 orang.

Terdiri dari 47 orang tim dari anggota Middle Urban Search and Rescue
(MUSAR) Basarnas dan 13 orang tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy saat upacara pelepasan bantuan ke Turki di Lanud Halim Perdanakusuma. (Istimewa)

Hal ini adalah wujud menindaklanjuti terkait perintah Presiden Joko Widodo agar memberikan bantuan kepada Pemerintah Turki yang tengah dilanda gempa berkekuatan magnitudo 7,8 pada Senin 6 Februari 2023 lalu.

“Menindaklanjuti perintah bapak Presiden dalam kaitannya dengan pemberian bantuna kepada negara sahabat, yaitu pemerintah Turki yang sedang menghadapi cobaan bencana,” ujarnya.

Presiden Jokowi. (Istimewa)

Adapun tim bantuan tersebut akan diberangkatan menggunakan pesawat Boeing 737 milik TNI AU dan Hercules C 130.

Untuk pembagiannya, Muhadjir mengungkapkan pesawat Boeing 737 akan mengangkut bantuan serta personel Basarnas.

Sementara pesawat Hercules C 130 akan memberangkatkan crew pesawat TNI AU serta bantuan dari Basarnas dan Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Muhadjir mengungkapkan, bantuan dari Kemenhan mencapai lima ton dan merupakan bahan logistik.

Tak hanya itu, Kemenhan juga masih akan mengirimkan bantuan tambahan usai pengiriman tim pertama telah sampai ke Turki.

“Ini logistik pertama dilakukan oleh Kemenhan dan berikutnya kami kirim dari Pemerintah Indonesia. Pemerintah akan kirim tim kesehatan juga beserta logistik,” jelas Muhadjir.

Setibanya di Turki, Muhadjir mengatakan tim bantuan ini akan langsung menjangkau ke daerah-daerah yang terdampak gempa paling parah seperti Gaziantep dan Hatay.

Sebelumnya, Jokowi telah memastikan bahwa Pemerintah Indonesia akan membantu korban gempa Turki dan Suriah.

Ia menyebut bantuan tengah disiapkan oleh sejumlah kementerian.

“Ini sedang disiapkan bantuannya oleh Menteri Luar Negeri, Kemenhan, dan juga oleh Kementerian Sosial,” ujarnya di Istana Merdeka, Jakarta pada Selasa 7 Februari 2023.

“Baru disiapkan dan segera akan dikirim secepatnya, ini tadi pagi (Selasa) masih mencari pesawat,” sambungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *