Beda Keinginan 2 Menteri Jokowi Terkait Penanganan Pasca Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

0

“Menko Luhut: Warga sekitar area Depo Pertamina Plumpang disuruh pindah, sementara Menteri BUMN Erick Thohir, Depo Pertamina relokasi ke lahan PT Pelindo”

Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Semper Jakarta Utara. (Istimewa)

Mata-Hukum, Jakarta – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dengan Menteri BUMN Erick Thohir memiliki keinginan yang berbeda terkait langkah setelah terjadinya kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan

Ada yang ingin agar warga di sekitar kawasan Depo untuk pindah, namun ada pula yang mau merelokasi Depo Pertamina Plumpang ke daerah lain.

Luhut menegaskan kalau Plumpang itu memang dibuat sebagai area kosong karena terdapat Depo Pertamina yang menampung 291.889 kiloliter BBM untuk didistribusikan.

Suasana area Depo Pertamina Plumpang Semper Jakarta Utara pasca kebakaran. (Istimewa)

“Plumpang dibuat sana ada daerah kosong, buffer zone untuk tidak ada kejadian, Jangan ini (depo-red) yang disuruh pindah. Orang yang tak berhak di situ yang harus disuruh pindah,” kata Luhut dikutip Selasa 7 Maret 2023.

Ia juga geram dengan pihak yang memberikan warga izin tinggal di sekitar Depo Pertamina Plumpang.

Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Semper Jakarta Utara. (Istimewa)

“Yang berikan izin itu tidak benar, karena itu, tanggung jawab nyawa yang hilang itu,” tuturnya.

Berbeda dengan Luhut, Erick justru menginginkan agar Depo Pertamina Plumpang direlokasi ke tanah PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo.

Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) saat meninjau Depo Pertamina Plumpang Semper Jakarta Utara pasca kebakaran. (Istimewa)

“Arahan Pak Presiden, solusi untuk melayani, melindungi rakyat. Karena itu, Pertamina memastikan perlindungan kepada rakyat sekitar kita jaga.

Terutama korban-korban yang sudah terkena. Kita akan rawat, akan pastikan ada penyewaan rumah untuk mereka, dan mendorong, membantu kehidupan mereka untuk beberapa bulan ke depan sampai ada kepastian keputusan lainnya,” kata Erick kepada wartawan, pada Senin 6 Maret 2023.

Suasana pasca kebakaran Depo Pertamina Plumpang Semper Jakarta Utara. (Istimewa)

Erick menyebut kalau relokasi ke tanah Pelindo itu diperkirakan akan dimulai pada akhir 2024.

Selain itu, ia juga akan membuat zona aman atau buffer zone untuk menghindari kembali munculnya bahaya bagi warga sekitar. Erick menyebut buffer zone itu berjarak 50 meter dari pagar lingkungan depo.

“Maka kita akan membuat buffer zone atau wilayah aman di sekitar kilang-kilang Pertamina, tidak hanya, tentu di Plumpang, tapi juga di Balongan, Semarang, tetapi khususnya di Plumpang jaraknya 50 meter dari tutup pagar,” terangnya.

Menteri BUMN Erick Thohir terjun langsung memantau situasi lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. Erick tiba mendampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin dengan mobil buggy yang bergerak dari Posko Koramil Koja (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

“Tentu ini menjadi solusi bersama yang kita harapkan dukungan pemerintah daerah dan masyarakat. Keamanan jadi prioritas kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *