BMKG: Musim Hujan Diprediksi Oktober-Desember 2023, Puncaknya Januari-Februari 2024

0

“Kepala BMKG Prof. Ir. Dwikorita Karnawati: Musim hujan umumnya akan tiba lebih lambat dibandingkan biasanya. Awal musim hujan umumnya diperkirakan pada bulan Oktober-Desember 2023”

Mata-Hukum, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim hujan yang terjadi di Indonesia. Menurut BMKG, awal musim hujan yang biasanya bulan September akan tiba lebih lambat, yakni Oktober-Desember 2023. Ini adalah dampak El Nino.

“Musim hujan umumnya akan tiba lebih lambat dibandingkan biasanya. Awal musim hujan umumnya diperkirakan pada bulan Oktober-Desember 2023, yaitu sebanyak 477 zona musim,” kata Kepala BMKG Prof. Ir. Dwikorita Karnawati saat jumpa pers bertema Prakiraan Awal Musim Hujan 2023/2024 via Zoom, Jumat 22 September 2023.


Ada 69 zona wilayah masuk musim hujan Oktober 2023, yaitu: Jambi, Sumatera Selatan bagian utara, Jawa Tengah bagian selatan, sebagian Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagian barat, sebagian besar Kalimantan Timur.

Pada November 2023, wilayah yang memasuki awal musim hujan ada 255 zona wilayah, yaitu: Sumatera Selatan, Lampung, sebagian besar Banten, Jakarta, Jawa Barat, sebagian besar Jawa Tengah, sebagian besar Jawa Timur, Bali, sebagian kecil NTB, sebagain kecil NTT, Sulawesi Utara, Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian besar Sulawesi Selatan, Maluku Utara bagian utara dan Papua Selatan bagian selatan.

Rainy day asian woman wearing a raincoat outdoors. She is happy.She used her hand to touch the rain.

Sedangkan untuk Desember ada 153 zona wilayah yakni: Jawa Timur bagian utara, sebagian besar NTB, sebagian besar NTT, sebagian besar Sulawesi Tenggara dan Maluku.


Dwikorita menyebut, musim kemarau tahun ini lebih panjang karena dampak dari El Nino. Sehingga musim hujan akan mundur. Awal musim hujan yang terjadi di Indonesia juga tidak sama.

“Awal mulainya juga tidak serempak, sekitar November-Desember. Secara umum curah hujannya normal, namun ada beberapa wilayah yang sifat hujannya lebih lebat dan lebih tinggi,” ucapnya.
BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk waspada bencana hidrometeorologis selama musim hujan, terutama di wilayah yang curah hujannya tinggi.


“Mohon waspada bencana banjir, banjir bandang, longsor, angin kencang, puting beliung, bulan November sudah mulai (musim hujan),” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *