BPTJ Lakukan Reaktivasi Stasiun Pondok Rajeg

0

Stasiun POndok Rajeg yang terbengkalai

Mata-Hukum: Reaktivasi akan dilakuan di stasiun Pondok Rajek yang terletak di perbatasan Kota Depok dan Kabupaten Bogor. Reaktivasi tersebut akan mendapat bantuan pelaksanaan dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Kepala Humas BPTJ, Hot Marojahan Hutapea mengatakan, reaktivasi stasiun Pondok Rajeg bertujuan meningkatkan pengguna moda transportasi umum dan keterjangkauan pelayanan angkutan umum atau coverage area.

Mendukung pengamanan aset mengurai penumpukan penumpang di stasiun Cibinong dan stasiun Nambo.

“Serta mengurai kepadatan lalu lintas di wilayah Pondok Rajeg dan Gunung Putri dan meningkatkan headway operasi kereta api,” kata Marojahan.

Dia menjelaskan, reaktivasi Stasiun Pondok Rajeg melihat pada lintas Citayam Nambo dibangun dengan tujuan untuk kereta api angkutan penumpang. Stasiun tersebut sebelumnya dilintasi Kereta Rel Diesel (KRD) satu dioperasikan pada 2000 sampai 2006.

“Sekarang sudah ada pembangunan listrik aliran atas Jabodetabek pada 2012 dan pengoperasian KRL dilaksanakan pada Juli 2015,” ungkap Marojahan.

Dia menjelaskan, sejak Juli 2015 sampai sekarang terdapat 10 perjalanan KRL yang di lintas Citayam-Nambo menggunakan 10 kereta. Waktu tempuh perjalanan dari Nambo-Citayam-Manggarai hingga Angke selama satu jam 30 menit.

“Lintas Citayam Nambo itu sendiri jalur tunggal atau single track,” jelasnya.

Walaupun dilintasi KRL penumpang dan barang, Stasiun Pondok Rajeg dan Stasiun Gunung Putri saat ini tidak aktif. Salah satu faktor penyebabnya dikarenakan tipe peronnya cukup tinggi.

“Tipe peronnya sepanjang 60 meter,” jelasnya.

Untuk mengaktifkan kembali Stasiun Pondok Rajeg direncanakan pembangunan stasiun yang berada di Kecamatan Cilodong, Kota Depok.

Hal itu melihat potensi yang tinggi untuk pengembangan sisi utara dan Demand berasal dari Kecamatan Cilodong Kota Depok dan Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

“Hasil dari feasibility study ada potensi bangkitan kurang lebih sekitar 8.343 penumpang per hari pada kondisi normal,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *