Disebut Jarang Terlihat Usai Pensiun dari TNI, Ternyata Ini Kegiatan Jenderal Andika Perkasa

0

“Diketahui, pada 10 Mei 2023 lalu, Andika Perkasa menerima penghargaan Bintang Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) dari Presiden Singapura Halimah Yacob”

Mata-Hukum, Jakarta – Akademisi dan praktisi bisnis, Prof. Rhenald Kasali mempertanyakaan mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa yang menurutnya kini jarang terdengar kabarnya.

Diketahui, Jenderal Andika Perkasa menyerahkan jabatan Panglima TNI kepada Laksamana Yudo Margono pada 20 Desember 2022.

Setelah itu, kata Rhenad Kasali, tak banyak kabar mengenai Andika Perkasa.

Menurut Rhenald Kasali, Andika Perkasa merupakan seorang jenderal yang rajin berolahraga dan memiliki pendidikan yang luar biasa.

Saya tidak lihat beliau belakangan ini. Kemana dia? Seorang jenderal yang atletis rajin olahraga dan memiliki pendidikan luar biasa. Dia pernah mengenyam pendidikan di Harvard AS dan S3 di George University. Ilmunya bukan kaleng-kaleng,” kata Prof Rhenald Kasali dalam melalui video yang diunggah di kanal YouTube-nya @rhenald_kasali dikutip, pada Rabu 14 Juni 2023.

Kegiatan Jenderal Andika Perkasa saat ini

Lantas kemana Jenderal Andika Perkasa? Apa aktifitasnya sekarang setelah pensiun dari TNI?

Kegiatan Andika Perkasa setidaknya bisa diketahui dari media sosialnya baik itu Instagram maupun Youtube terbaru nya.

Dari sejumlah postingan itu, Andika Perkasa rupanya bertemu dengan perwira militer dari negara lain yang kini sudah menjadi sahabat bagi Perkasa.

Terbaru, Andika Perkasa bertemu dengan KSAD Singapura Mayor Jenderal David Neo.

Pertemuan persahabatan itu berlangsung di Singapura.

Video pertemuan itu diunggah di akun Youtube Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa, Rabu 14 Juni 2023.

Namun, tidak diketahui kapan pertemuan itu berlangsung.

Dalam pertemuan itu, Andika Perkasa bersama istri berbincang santai sambil makan siang dengan Mayor Jenderal David.

Andika Perkasa juga berterima kasih atas penghargaan yang diberikan Pemerintah Singapura pada bulan Mei lalu.

“Selamat atas penghargaanya. Kami sangat senang dan merasa terhomrmat dapat memberikannya kepada Anda,” kata Mayor Jenderal David dalam bahasas Inggris.

Merespons hal itu, Andika Perkasa menyampaikan ucapan terima kasih.

Ia juga menceritakan momen saat ia menerima penghargaan dimana ia tidak menyadari bahwa penampilannya begitu indah dengan selempang dan medali yang diterima.

“Saat penyerahan pennghargaan berlangsung saya tidak dapat melihat diri saya sendiri. Ya tentu saja. Orang-orang memberikan ucapan selamat kepada saya. Ketika saya kembali ke kamar, saya melihat diri saya di cermin. Ya ampun, sangat indah. Sangat indah. Selempang dan semua, apa itu ? Medali . Ya ampun indah sekali,” kata Andika disambut tawa.

Diketahui, pada 10 Mei 2023 lalu, Andika Perkasa menerima penghargaan Bintang Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) dari Presiden Singapura Halimah Yacob.

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Halimah Yacob kepada Andika di Istana Singapura.

Selain bertemu dengan Mayor Jenderal David Neo, dari video sebelumnya juga diketahui Andika Perkasa bertemu dengan sahabatnya Jenderal James C McConville yang merupakan KSAD Amerika Serikat.

Pertemuan itu berlangsung di Jakarta, namun juga tak diketahui tanggalnya

Dalam pertemuan itu, Andika Perkasa dan James juga saling menanyakan kabar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *