DPO Penyerang Posramil Maybrat Tewaskan 4 Anggota TNI Berhasil Ditangkap Brimob Polda Papua Barat

0
teroris kkb

Anggota TNI AD Maybrat saat evakuasi korban yang meninggal di serang OTK, Kamis 2 September 2021. (ANTARA)

“Penangkapan Yan Waris Sewa oleh tim gabungan dipimpin langsung Dansat Brimob Polda Papua Barat Kombes Pol Pria Premos”

Mata-Hukum, Manokwari – Polda Papua Barat menangkap Yan Waris Sewa daftar pencarian orang (DPO) pelaku penyerangan Pos Koramil Kisor Maybrat yang menewaskan empat anggota TNI pada 2 September 2021.

Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Pol Adam Erwindi membenarkan penangkapan satu DPO atas nama Yan Waris Sewa pada Jumat, 14 Oktober di wilayah Kabupaten Maybrat.

“Penangkapan Yan Waris Sewa oleh tim gabungan dipimpin langsung Dansat Brimob Polda Papua Barat Kombes Pol Pria Premos,” ujar dia di Manokwari, Minggu, 16 Oktober 2022.

Adam mengatakan saat penyerangan di Pos Koramil Kisor, Yan Waris Sewa diketahui berada pada posisi berdiri memegang senjata tajam dan mengawasi di luar pos saat pelaku lainnya melalukan aksi pembantaian empat personel TNI.

“Dengan tertangkapnya Yan Waris Sewa, maka jumlah DPO yang sudah ditangkap sebanyak 11 orang dari total 21 DPO kasus penyerangan Pos Koramil Kisor Maybrat. Terhadap yang bersangkutan dikenakan Pasal 340 KHUP subsider 338 Jo 55 dan 56 KUHP,” ujarnya.

Selain menangkap satu DPO, paparnya, tim gabungan menangkap seorang pria berinisial JA karena melakukan penyerangan terhadap petugas di lokasi penangkapan.

“Tim gabungan mengamankan JA karena menyerang petugas dengan menggunakan sebilah parang. Saat ini JA sudah ditahan di sel Polres Maybrat untuk pemeriksaan lebih lanjut,” kata Adam Erwindi.

Rilis pers penangkapan satu DPO Maybrat oleh Kabid Humas Polda Papua Barat di markas Polda Papua Barat di Manokwari, Minggu 16 oktober 2022. (ANTARA)

Posramil Diserang, 4 Prajurit TNI di Maybrat Papua Barat Tewas

Untuk dikatahui sebanyak empat prajurit TNI Angkatan Darat (AD) ditemukan tewas di Posramil Kisor Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat, Kamis, 2 September 2021, pukul 03.00 WIT tahun lalu. Diduga, mereka diserang oleh sekelompok orang tidak dikenal (OTK).

“Ya, saat ini masih dilakukan evakuasi,” kata Kepala Penerangan Kodam XVIII/Kasuari Letnan Kolonel Arm Hendra Pesireron, melansir Antara.

Keempat anggota TNI AD yang ditemukan meninggal masing-masing Serda Amrosius, Praka Dirham, Pratu Zul Ansari, dan Lettu Chb Dirman. Keempat prajurit TNI AD tersebut diserang saat sedang tidur di Posramil Kisor.

Ketiga anggota TNI AD masing-masing Serda Amrosius, Praka Dirham, Pratu Zul Ansari ditemukan dalam keadaan tewas di dalam Posramil. Sedangkan Lettu Chb Dirman Komandan Posramil Kisor ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa di dalam semak-semak belukar tak jauh dari pos.

Berdasarkan informasi yang diterima, masih ada satu anggota TNI AD Pratu Ikbal dinyatakan hilang. Pratu Ikbal belum ditemukan hingga kini.

Antara/matahukum/rid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *