El Savador Miliki Penjara Raksasa untuk Penjarakan Gangster

0

Kompleks penjara raksasa di El Salvador yang disebut mampu menampung 40.000 narapidana (Sumber: Twitter/@nayibbukele)

Mata-Hukum: El Salvador miliki penjara baru yang disebut sebagai penjara terbesar di benua Amerika. Penjara yang diklaim mampu menampung hingga 40.000 narapidana dipamerkan oleh Presiden El Salvador Nayib Bukele. Bukele memposting ke Twitter, video dirinya saat mengunjungi langsung kompleks penjara raksasa itu.

Seperti dikutip dari AFP, Rabu 1 Februari 2023, Bukele tidak menjelaskan lebih lanjut kapan langkah pertama untuk pemindahan narapidana akan dimulai, dari nyaris 63.000 gangster yang kini ditahan oleh otoritas El Salvador.

Penjara super besar itu dikhususkan untuk menahan para gangster, yang kebanyakan ditangkap saat masa darurat memerangi kriminal. Menurut Bukele, para gangster yang ditahan oleh pemerintahan sebelumnya memiliki akses terhadap ‘prostitusi, PlayStation, layar, telepon genggam dan komputer’ di penjara-penjara lainnya.

Namun nantinya, menurut Wakil Menteri Kehakiman El Salvador Osiris Luna, mereka yang ditahan di ‘Pusat Tahanan Terorisme’ akan dipaksa untuk bekerja.

Menteri Pekerjaan Umum Romeo Rodriguez menambahkan bahwa kompleks penjara raksasa yang dibangun di area pedesaan terpencil di dekat Tecoluca, yang berjarak 76 kilometer sebelah tenggara ibu kota San Salvador itu, memiliki luas 166 hektare. “Penjara terbesar di seluruh Amerika,” klaim Rodriguez dalam pernyataannya, merujuk pada penjara raksasa itu.

Penjara itu nantinya akan dijaga oleh 600 tentara dan 250 polisi sepanjang siang dan malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *