Filianingsih Hendarta Terpilih Jadi Deputi Gubernur Baru

0

Filianingsih Hendarta (Istimewa)

Mata-Hukum: Bank Indonesia (BI) menyambut baik terpilihnya Filianingsih Hendarta sebagai deputi gubernur bank sentral yang akan mengemban tugas pada 2023-2028 mendatang.

“Hasil pemilihan ini merupakan salah satu perwujudan bahwa Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia dipilih berdasarkan sistem meritokrasi, yakni pada kompetensi dan kapabilitas terbaik yang dimiliki tanpa memandang suku, agama, ras dan antargolongan (SARA), dalam menjalankan amanat pelaksanaan tugas Bank Indonesia,” ujar Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan resmi, Senin (13/2).

Erwin mengungkapkan Filianingsih yang masih menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran dan Dwi Pranoto selaku Kepala Departemen Regional Bank Indonesia hari ini selesai menjalankan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) oleh Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Usai uji kelayakan dan kepatutan tersebut, Komisi VI secara musyawarah untuk mufakat memutuskan Filianingsih sebagai deputi gubernur BI terpilih untuk menggantikan Dody Budi Waluyo yang masa jabatannya selesai pada April 2023.

Berdasarkan situs BI, Filianingsih lahir di Surabaya pada 1963. Ia menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang hukum Universitas Airlangga pada 1985.Ia mengawali karier di bank sentral pada 1986 dan saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran sejak 2019.

Ia juga pernah menjabat sebagai kepala departemen pengelolaan moneter (2013-2015) dan kepala departemen kebijakan makroprudensial (2015-2019).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *