Forum Bisnis Indonesia – Ceko Berhasil Tandatangani Beberapa MoU

0

“Forum Bisnis ini dibuka dengan presentasi terkait perusahaan-perusahaan Ceko oleh Ivana Javorová, CCC lalu dilanjutkan pidato sambutan oleh Shinta Widjaja Kamdani, Wakil Ketua Umum KADIN Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri”

Mata-Hukum, Jakarta – Kamar Dagang Ceko dengan KADIN Indonesia mrnggelar Forum Bisnis Indonesia-Ceko, di Jakarta, pada Selasa 18 April 2023. Forum bisnis merupakan bentuk peningkatan ikatan perdagangan bilateral antara Indonesia dan Republik Ceko. Forum bisnis ini pun dilakukan seiring kunjungaan resmi.

Perdana Menteri Republik Ceko, Petr Fiala melakukan kunjungan resmi ke Indonesia. Kunjungan resmi ini merupakan bukti hubungan bilateral yang berhasil dan kuat antara Republik Ceko dan Republik Indonesia yang ditandai dengan kerja sama lintas sektor yang sangat aktif – baik itu kerja sama industri militer, perlindungan lingkungan dan pariwisata.

Ini adalah kesempatan pertemuan yang bagus untuk para pembuat keputusan penting dari komunitas bisnis Ceko dan Indonesia.

Forum Bisnis ini dibuka dengan presentasi terkait perusahaan-perusahaan Ceko oleh Ivana Javorová, CCC. Pidato sambutan diberikan oleh Presiden Kamar Dagang Ceko dan Presiden EuroChambres, Vladimír Dlouhý.

Pidato sambutan berikutnya diberikan oleh Shinta Widjaja Kamdani, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri.

Dalam forum ini dilakukan juga penandatanganan beberapa kesepakatan atau MoU serta Letter of Intent dan ditutup dengan B2B meeting dan networking.

Penandatangan MoU yang dilakukan antara lain;

  1. Nota Kesepahaman antara Kamar Dagang Ceko dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia KADIN

Ditandatangani oleh: Vladimir Dlouhy (Presiden Kamar Dagang Ceko) dan Shinta Widjaja Kamdani (Wakil Ketua KADIN Indonesia)

Kedua belah pihak menegaskan akan bekerja sama secara aktif di bidang promosi ekspor dan impor antara kedua negara. MoU ini memperbarui hubungan antara kedua kamar, karena keabsahan perjanjian sebelumnya telah berakhir pada tahun 2019. Kedua belah pihak setuju untuk bertukar keahlian dan data terkait perdagangan dan investasi bilateral, serta untuk memfasilitasi pembentukan perusahaan joint venture dan saling memperkenalkan mitra-mitra yang relevan.

  1. Nota Kesepahaman antara Fakultas Teknik, Czech University of Life Sciences Prague dan PT Pangandaran Permaculture

Ditandatangani oleh David Herak (Wakil Dekan Hubungan Internasional, Fakultas Teknik, Czech University of Life Sciences Prague) dan Michal Wasserbauer, Ph.D. (Pendiri PT. MMW Pangandaran Permaculture)

Kerja sama ini bertujuan untuk membentuk pusat pertanian cerdas berbasis Pertanian 4.0. Sasaran dari pusat ini adalah untuk menerapkan teknologi pintar dalam sistem pertanian biasa dan dalam produksi dan pemrosesan produk pertanian untuk menjaga kualitas tertinggi produk akhir dan keberlanjutan jangka panjang dari produksi dan pemrosesannya, dengan mempertimbangkan untukmenghilangkan dampak lingkungan yang negatif. Yang juga menjadi bagian integral dari kolaborasi ini adalah akuisisi data yang spesifik untuk kondisi Indonesia dan transformasinya menjadi sistem kecerdasan buatan yang digunakan dalam sistem pertanian cerdas.

  1. Letter of Intent on Cooperation antara Excalibur International dengan PT RepublikCorp

Ditandatangani oleh: Viktor Loužil (Direktur Regional Excalibur International) dan perwakilan dari PT RepublikCorp

Excalibur International adalah agen ekspor yang mewakili portofolio lengkap Czechoslovak Group, arsitek sistem pertahanan kompleks yang aktif dalam kerjasama industri militer di Indonesia. MoU ini mengantisipasi transfer teknologi dalam offset co-production dan merancang pendirian pusat layanan resmi untuk Truk Tatra bekerja sama dengan mitra lokal Indonesia PT Hasema, spesialis dan produsen peralatan transportasi.

  1. Letter of Intent on Cooperation antara Excalibur International dengan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia

Ditandatangani oleh: Viktor Loužil (Direktur Regional Excalibur International) dan perwakilan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia

Setelah bekerja sama dalam berbagai proyek di masa lalu, Nota Kesepahaman ini menegaskan dan memperluas kerja sama antara kedua pihak dalam proyek bersama di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *