Gempa M 5,4 Guncang Jayapura Papua, 4 Orang Tewas

0

“Kepala BPBD Kota Jayapura Asep Khalid: Sementara data di kami baru empat yang meninggal”

Kerusakan akibat gempa mengguncang Papua. (Istimewa)

Mata-Hukum, Jakarta – informasi terbaru mengenai gempa bumi magnitudo (M) 5,4 mengguncang Jayapura, Papua, beberapa waktu lalu. Empat warga dilaporkan meninggal akibat gempa tersebut.

“Sementara data di kami baru empat yang meninggal,” kata Kepala BPBD Kota Jayapura Asep Khalid kepada wartawan, pada Kamis 9 Februari 2023.

Warga berusaha evakuasi korban gempa Papua. (istimewa)

Korban tewas tersebut dievakuasi dari kafe yang rubuh di daerah Ruko Dok II Jayapura. Asep mengatakan pihaknya sampai saat ini masih terus melakukan pendataan.

Menurutnya, tidak tertutup kemungkinan masih ada korban jiwa lainnya.

“Kami lagi kumpulkan data untuk kami laporkan kembali ke pimpinan. Itu (empat orang meninggal) data berdasarkan informasi teman-teman di lapangan,” terangnya.


Restoran Ambruk ke Laut Imbas Gempa M 5,4 Jayapura, 1 Karyawan Tewas
Sebelumnya pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura, Papua, menyebutkan pihaknya mencatat satu orang meninggal akibat gempa 5,4 magnitudo yang melanda Kota Jayapura dan sekitarnya. Korban tersebut merupakan karyawan Restoran Cerita, yang berada di kawasan Ruko, Dok II, Jayapura.
“Korban merupakan seorang perempuan karyawan Restoran Cerita yang ambruk ke laut saat terjadi gempa sehingga korban tidak bisa menyelamatkan diri,” kata Kepala BPBD Kota Jayapura Asep Khalid saat dihubungi di Jayapura, seperti dilansir Antara, pada Kamis 9 Februari 2023.

Menurut Asep, pihaknya masih mendata beberapa bangunan yang rusak akibat gempa yang terjadi pada pukul 15.28 WIT. Namun, dari data yang diterima BPBD Kota Jayapura, ada lima orang juga mengalami luka-luka.

Dia menjelaskan pihaknya mengimbau seluruh masyarakat agar menghindari bangunan berlantai guna mengantisipasi gempa susulan.

“Semua warga tetap waspada dan sementara waktu hindari bangunan berlantai dan mencari titik kumpul seperti lapangan untuk evakuasi,” katanya lagi.

Gempa 5,4 magnitudo di wilayah Jayapura terjadi pada titik koordinat 2,50 LS – 140,70 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada kedalaman 10 kilometer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *