Harapan Presiden Jokowi kepada Ketum PSSI Erick Thohir: Reformasi Total Sepak Bola Indonesia

0

“Jokowi juga menegaskan bahwa pemerintah tidak ikut campur dalam pelaksanaan KLB PSSI kali ini. “Pemerintah tidak ikut-ikutan di sana. Sesuai dengan statuta”

Presiden Jokowi. (Istimewa)

Mata-Hukum, Jakarta – Presiden Joko Widodo berharap Erick Thohir yang baru saja terpilih menjadi Ketua Umum (Ketum) PSSI bisa mereformasi sepak bola Indonesia secara total. Erick Thohir resmi terpilih menjadi Ketua Umum PSSI yang baru berdasarkan hasil Kongres Luar Biasa yang digelar di Hotel Shangri-La, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Kamis 16 Februari 2023 pagi WIB.

Dari kiri, Muhamad Iriawan, La Nyala Matalitti, Erick Thohir dan Zainudin Amali. (Istimewa)

Dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI tersebut, Erick Thohir meraih 64 suara dari total 86 voter. Pria yang kini juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu mengalahkan kandidat lain yaitu La Nyalla Mattaliti yang mendulang 22 suara. Hasil KLB PSSI itu mengantar Erick Thohir menjadi orang nomor satu di induk organisasi sepak bola Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menyampaikan harapannya kepada Erick Thohir yang menjadi Ketua PSSI periode 2023-2027. Presiden Jokowi berharap, Erick yang punya pengalaman segudang di dunia olahraga bisa membawa sepak bola Indonesia ke arah yang lebih baik.

“Kita harapkan dengan ketua yang baru nanti terjadi reformasi total. Ini harapan dari kita,” kata Jokowi di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, dikutip Kompas.com pada Kamis 16 Februari 2023.

Ketua PSSI terpilih Erick Thohir. (Istimewa)

Sehingga lanjut Jokowi, persepakbolaan kita menjadi hidup. Dan bisa paling tidak ASEAN bisa step

“Pertama, bisa kita pegang. Dan Asia step yang kedua bisa kita pegang. Harapan pemerintah itu saja,” imbuh Presiden Jokowi.

Selain menyampaikan harapannya kepada ketua umum yang baru, Jokowi juga menegaskan bahwa pemerintah tidak ikut campur dalam pelaksanaan KLB PSSI kali ini. “Pemerintah tidak ikut-ikutan di sana. Sesuai dengan statuta,” ujar Jokowi.

Awalnya, ada lima calon Ketua Umum PSSI yang maju pada KLB kali ini. Kelima calon Ketua Umum tersebut adalah Erick Thohir, La Nyalla Mattaliti, Doni Setiabudi, Arif Putra Wicaksono, dan Fary Djemi Francis.

Akan tetapi, Fary Djemi Francis sudah mengundurkan diri dari bursa calon Ketua Umum PSSI. Tak hanya memilih Ketua Umum, KLB PSSI juga memilih Wakil Ketua Umum (Waketum), dan anggota Komite Eksekutif (Exco).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *