Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Beroperasi, JORR 2 Tersambung Penuh

0

“Wapres Ma’ruf Amin: Konektivitas antarkawasan di wilayah Jakarta dan sekitarnya diharapkan dapat meningkat dengan terintegrasinya Jalan Tol Cimanggis–Cibitung dengan jaringan jalan tol di kawasan Jabodetabek”

Mata Hukum, Jakarta – Jalan Tol Cimanggis – Cibitung Seksi 2B Segmen Simpang Susun Cikeas sampai dengan Junction Cibitung sepanjang 19,65 Km akhirnya resmi beroperasi mulai hari ini tanpa tarif. Dengan begitu, Tol Cimanggis-Cibitung tersambung penuh sepanjang 26,18 Km.


Sebelumnya ruas Tol Cimanggis-Cibitung yang lebih dulu beroperasi adalah sepanjang 6,53 Km, dimulai dari Seksi 1A Segmen Cimanggis Junction – On/Off Ramp Jatikarya hingga Seksi 2A Segmen On/Off Ramp Jatikarya – Simpang Susun Cikeas. PT Cimanggis Cibitung Tollways sebagai pemegang konsesi jalan tol harus merogoh kocek hingga Rp10,6 triliun untuk merampungkan mega proyek tersebut.

Setelah Jalan Tol Cimanggis – Cibitung beroperasi penuh, jaringan Jalan Tol JORR 2, telah utuh tersambung sepanjang 111 Km, mulai dari Cengkareng – Kunciran – Serpong – Cinere – Jagorawi – Cimanggis – Cibitung hingga Cilincing. Jalan tol ini akan meningkatkan kelancaran pergerakan baik komuter maupun logistik kawasan-kawasan industri besar di Jabodetabek, diantaranya kawasan industri Sentul, Cikarang, Cibitung, dan Cilincing.

Jalan Tol ini juga terkoneksi dengan Jalan Tol Trans Jawa Ruas Jakarta – Cikampek, Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Patimban, Bandara Soekarno – Hatta, dan Bandara Kertajati sehingga menjadi ruas alternatif dan solusi mengurangi travel time akibat kemacetan/kepadatan lalu lintas dari Ruas Tol Cikampek yang menuju Jakarta, Bogor, Tangerang, dan sekitarnya.

“JORR 2 semua lengkap dari Cengkareng sampai Cilincing itu sudah. Dari barat ke timur tidak perlu masuk Jakarta lagi, bisa lewat ini melalui Cikampek jadi mengurangi kemacetan (tol) dalam kota Jakarta. Ini total 26 Km dengan investasi 10,6 triliun,” ungkap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai peresmian Tol Cimanggis – Cibitung dikutip Rabu 10 Juli 2024.

Untuk diketahui Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meresmikan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung, di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Selasa 9 Juli 2024 sore. Tol sepanjang 26,18 kilometer ini disebut dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Cimanggis ke Cibitung menjadi sekitar hanya 30–45 menit, dari sebelumnya 1–2 jam melalui jalan arteri.

“Konektivitas antarkawasan di wilayah Jakarta dan sekitarnya diharapkan dapat meningkat dengan terintegrasinya Jalan Tol Cimanggis–Cibitung dengan jaringan jalan tol di kawasan Jabodetabek,” kata Ma’ruf, Selasa. Wapres menuturkan, Jalan Tol Cimanggis–Cibitung ini merupakan salah satu Program Strategis Nasional (PSN) yang dapat mendorong efisiensi dan efektivitas kegiatan ekonomi di kawasan Jakarta dan sekitarnya.

Nantinya, jalan ini akan menyumbang pembangunan ekonomi untik kawasan dan nasional. Untuk itu, ia berharap keberadaan Jalan Tol Cimanggis–Cibitung dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat. Ma’ruf menekankan, pembangunan infrastruktur pendukung lainnya juga harus ditingkatkan secara lengkap, termasuk peningkatan akses dan kualitas jalan yang terhubung langsung dengan jalan tol, serta fasilitas transportasi publik yang lebih baik. Wapres pun menyoroti pentingnya kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan, termasuk pemerintah daerah, sektor swasta, dan masyarakat. “Hal ini penting demi peningkatan kualitas hidup masyarakat,” kata Wapres.

Matahukum/Dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *