Jokowi Groundbreaking Kodim dan Polres Khusus IKN, Ada Analis IT dan CCTV Semua Sudut

0

“Presiden Jokowi: Saya harap kehadiran Porles Khusus IKN ini betul-betul akan meningkatkan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat memperkuat penegakan hukum, meningkatkan stabilitas dan keamanan di wilayah IKN”

Mata-Hukum, Jakarta – Presiden Jokowi melakukan groundbreaking Polres Khusus Kawasan IKN pagi ini. Jokowi mengatakan pembangunan gedung Polres IKN akan dibangun dengan anggaran sekitar Rp 160 miliar.
“Alhamdulillah, pada pagi hari ini kita akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Polres Khusus Kawasan IKN di atas lahan seluas 6.189 meter persegi. Ini bukan luas lahan, luas lahannya seingat saya 12 hektare, ini adalah luas bangunan,” kata Jokowi, dalam groundbreaking kantor Polres IKN, yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Kamis 21 Desember 2023.

Jokowi mengatakan pembangunan gedung Polres IKN ditargetkan akan dibangun sekitar 9 bulan dengan anggaran Rp 160 miliar. Jokowi mengatakan pembangunan Polres IKN harus mengusung konsep green building.

“Saya hanya titip satu, karena Polres ini adalah polres khusus di IKN, jadi juga gedungnya saya minta juga gedung yang khusus didesain khusus, yaitu gedung yang green, green building, karena kawasan ini adalah kawasan hijau, lingkungannya adalah lingkungan hijau. Saya minta untuk desain polresnya juga sedikit dikoreksi agar muncul green building-nya,” imbuhnya.

Jokowi mengatakan, berdasarkan laporan yang dia terima, Polres IKN tersebut akan dilengkapi dengan CCTV dan teknologi AI.

“Saya tadi disampaikan oleh Kapolri bahwa akan ada CCTV di semua sudut, akan ada command center-nya, akan ada analisis untuk AI-nya, saya minta sejak awal disiapkan, direncanakan dan dikompliti (dilengkapi) sekalian,” kata Jokowi.

“Ini akan kita jadikan contoh bahwa Ibu Kota Nusantara adalah ibu kota yang aman dan tidak ada kejahatan sama sekali ke depan, yang berkaitan dengan kriminalitas utamanya dalam rangka menjaga dan melindungi warga di Ibu Kota Nusantara sehingga nanti bisa dijadikan contoh untuk kota-kota yang lainnya, termasuk tentu saja organisasinya harus betul betul disiapkan secara khusus,” kata Jokowi.

Jokowi menambahkan, Polres IKN ini nantinya akan diperkuat oleh sebanyak 750 personel yang wilayah kerjanya meliputi enam polsek. Jokowi mengatakan personel yang akan bertugas di Polres IKN telah disiapkan sehingga jika nanti gedung Polres IKN telah selesai dapat langsung bertugas di kantor tersebut.

“Saya harap kehadiran Porles Khusus IKN ini betul-betul akan meningkatkan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat memperkuat penegakan hukum, meningkatkan stabilitas dan keamanan di wilayah IKN,” kata Jokowi.

Ia berharap adanya Polres IKN tersebut dapat memberikan pelayanan hukum bagi masyarakat sekitar. Jokowi bersama sejumlah pejabat yang hadir lalu meresmikan groundbreaking pembangunan Polres IKN.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini peletakan batu pertama groundbreaking Kepolisian Negara RI Resor Khusus Kawasan Ibu Kota Nusantara secara resmi saya nyatakan dimulai,” kata Jokowi.

Groundbreaking Kodim IKN, Jokowi: Harus Didesain Modern dan Green Building

Selain Polres Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga melakukan groundbreaking pembangunan Komando Distrik Modern (Kodim) Ibu Kota Nusantara (IKN). Kodim IKN dibangun di atas tanah 3,29 hektare yang meliputi kantor Kodim, gudang amunisi, hingga hunian untuk personel.
“Saya menyambut baik dimulainya pembangunan Kodim IKN di atas lahan seluas 3,29 hektare. Dan di area ini akan dibangun kantor kodimnya, hunian personel, pos dan rumah jaga, gudang amunisi, ada aulanya, dan juga prasarana pendukung lainnya,” kata Jokowi

Jokowi kemudian meminta desain bangunan Kodim IKN ini harus menyesuaikan dengan konsep IKN. Dia juga meminta gedung Kodim IKN dibangun dengan desain modern sehingga dapat dijadikan contoh.

“Saya hanya akan titip, satu, yang berkaitan dengan desain. Betul-betul Kodim IKN ini harus didesain visi ke depan, modern, dan juga green building, sehingga nantinya kodim-kodim di seluruh Tanah Air bisa melihat bangunan kodim yang ada di IKN sebagai contoh, sebagai patokan. Sebetulnya kantor kodim yang seperti apa yang miliki visi ke depan,” ucapnya.

“Dan memang harus disesuaikan visi IKN, forest city. Saya titip karena kawasan ini kawasan hijau, lingkungannya juga hijau, sehingga ini pohon-pohon yang bagus di lingkungan ini jangan sampai terlalu banyak yang ditebang, kalau bisa menghindari, hindari. Sehingga kita harapkan betul-betul ini Kodim yang bisa dijadikan contoh bagi kantor kodim di seluruh Tanah Air,” lanjutnya

Jokowi mengatakan pembangunan kodim tipe A ini sangat diperlukan. Sebab, IKN ini adalah ibu kota Indonesia dan pusat pemerintahan akan berada di sana sehingga perlu pengamanan ekstra.

“Sebagai ibu kota negara dan pusat pemerintahan, memang IKN merupakan proyek vital yang strategis yang harus dipastikan keamanannya. Dan keberadaan Kodim IKN yang merupakan Kodim tipe A ini akan melaksanakan tugas-tugas pengamanan Ibu Kota Negara dan mendukung serta melindungi IKN dari berbagai bentuk ancaman dan gangguan yang mengancam keutuhan bangsa dan negara,” tutur Jokowi.

Dia berharap keberadaan Kodim akan membantu pemerintah dalam penyelenggaraan pembinaan ketahanan wilayah dan menjaga IKN serta menegakkan kedaulatan negara. Dalam acara ini, Jokowi didampingi Mensesneg Pratikno, Menteri ATR/BPN Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono, dan juga Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik.

“Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pagi hari ini pembangunan gedung Kodim IKN, saya nyatakan dimulai,” kata Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *