JPU Menuntut Penjara Seumur Hidup Terhadap Pemilik Duta Palma Surya Darmadi

0

“Hal yang memberatkan: Usaha perkebunan kelapa sawit milik Surya di Kabupaten Indragiri Hulu tidak menerapkan pola kemitraan sawit rakyat sehingga memperoleh keuntungan tidak sah atau illegal gain sebesar Rp2.238.274.248.234 dan Rp556.086.968.453”

Pemilik PT Darmex Group/PT Duta Palma, Surya Darmadi di Pengadilan Tipikor Jakarta. (Istimewa)

Mata-Hukum, Jakarta – Pemilik PT Darmex Group/PT Duta Palma, Surya Darmadi dituntut dengan pidana penjara seumur hidup oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam kasus dugaan korupsi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU).


Meski dituntut seumur hidup, JPU meminta majelis hakim juga menghukum Surya untuk membayar denda sebesar Rp1 miliar subsider enam bulan kurungan.

Pemilik PT Darmex Group/PT Duta Palma, Surya Darmadi (tengah) berdiskusi dengan tim penasehat hukumnya Juniver Girsang (kanan). (Istimewa)

“Menghukum terdakwa Surya Darmadi dengan pidana penjara selama seumur hidup,” ujar JPU saat membacakan surat tuntutan di ruang persidangan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, pada Senin 6 Februari 2023.

Tim Jaksa Penuntut Umum membacakan berkas tuntutan terhadap Surya Darmadi di Pengadilan Tipikor Jakarta. (Istimewa)

Surya dinilai JPU terbukti melanggar Pasal 2 ayat 1 Jo Pasal 18 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) Jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP. Kemudian Pasal 3 ayat 1 huruf c UU Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) serta Pasal 3 UU Pencegahan dan Pemberantasan TPPU.

Pemilik PT Darmex Group/PT Duta Palma, Surya Darmadi saat menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta. (Istimewa)

JPU juga turut menuntut Surya membayar uang pengganti atas kerugian keuangan negara sebesar Rp4.798.706.951.640 (Rp4 triliun) dan US$7.885.857,36 serta kerugian perekonomian negara sebesar Rp73.920.690.300.000 (Rp73 triliun) apabila tidak dijatuhi pidana penjara seumur hidup.

Jika Surya tidak mampu melunasi uang pengganti tersebut dalam waktu satu bulan setelah putusan inkrah, terang jaksa, maka akan diganti dengan pidana 10 tahun penjara.

Pemilik PT Darmex Group/PT Duta Palma, Surya Darmadi saat berdiskusi dengan tim penasehat hukumnya Juniver Girsang di Pengadilan Tipikor Jakarta. (Istimewa)

Dalam menjatuhkan tuntutan ini, JPU turut mempertimbangkan sejumlah hal yang memberatkan dan meringankan.

Hal hal yang memberatkan ;

Hal memberatkan yaitu Surya selaku pemilik perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, pengolahan kelapa sawit dan turunannya, pengangkutan serta di bidang properti tidak melakukan prinsip tata kelola perusahaan yang baik atau good governance.

Pemilik PT Darmex Group/PT Duta Palma, Surya Darmadi dikawal petugas kejaksaan. (Istimewa)

Usaha perkebunan kelapa sawit milik Surya yang dilakukan di kawasan hutan di Kabupaten Indragiri Hulu telah mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan.

Usaha perkebunan kelapa sawit milik Surya di Kabupaten Indragiri Hulu tidak menerapkan pola kemitraan sawit rakyat sehingga memperoleh keuntungan tidak sah atau illegal gain sebesar Rp2.238.274.248.234 dan Rp556.086.968.453.

Pemilik PT Darmex Group/PT Duta Palma, Surya Darmadi. (Istimewa)

Selain itu, perbuatan Surya disebut telah mengakibatkan kerugian keuangan negara dan perekonomian negara yang sangat besar.

Hal hal yang meringankan;

“Hal-hal meringankan yaitu terdapat harta kekayaan terdakwa yang disita untuk pemulihan kerugian keuangan negara. Terdakwa telah berusia lanjut,” beber JPU.

Pemilik PT Darmex Group/PT Duta Palma, Surya Darmadi didampingi tim kuasa hukumnya Juniver Girsang. (Istimewa)

Tindak pidana dilakukan Surya bersama-sama dengan Bupati Indragiri Hulu periode 1999-2008 Raja Thamsir Rachman. Tindak pidana dilakukan sejak 2004-2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *