Juniver Girsang: Saya akan mendampingi Pa Luhut Hadir di Sidang Haris Azhar-Fatia

0

“Soalnya dia pelapor harus hadir, sesuai dengan KUHP. Kalau tidak hadir tentu proses ini tidak tercapai karena yang dirugikan tidak hadir di persidangan”

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (tengah) didampingi tim kuasa hukumnya Juniver Girsang (kiri) di Mapolda Metro Jaya. (Istimewa)

Mata-Hukum, Jakarta – Berkas perkara kasus pencemaran nama baik Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang menjerat Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti dinyatakan sudah lengkap atau P21. Juniver Girsang selaku tim kuasa hukum memastikan Luhut bakal hadir di persidangan.

Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti saat menjawab pertanyaan sejumlah wartawan usai menjalani pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya. (Istimewa)


“Tentu nanti dari awal kami mencermati Pak Luhut bilang patuh terhadap hukum, menghormati proses hukum jadi saya kira beliau tetap akan hadir. Karena komitmen beliau dari awal mengikuti proses hukum dan menghargai proses-proses yang akan berjalan,” kata kuasa hukum Luhut, Juniver Girsang saat dikonfirmasi wartawan, pada Senin 20 Februari 2023.

“Soalnya dia pelapor harus hadir, sesuai dengan KUHP. Kalau tidak hadir tentu proses ini tidak tercapai karena yang dirugikan tidak hadir di persidangan,” jelas Juniver

Mapolda Metro Jaya. (Istimewa)

Dalam kesempatan tersebut, Juniver menambahkan jika dirinya belum menerima berkas P21 kliennya. Namun dirinya akan menghormati proses hukum.

“Belum, pemberitahuan P21 jg belum. Pemberitahuan P21 kewenangan dari kejaksaan,” ungkap Juniver.

“Kalau sudah polda dan kejaksaan menyatakan itu berarti udah benar. Kita menghargai, menghormati proses hukum yang akan berjalan ini,” tegasnya.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (tengah) didampingi tim kuasa hukumnya Juniver Girsang (kiri) menjawab pertanyaan sejumlah wartawan di Mapolda Metro Jaya. (Istimewa)

Polda Metro Konfirmasi Berkas P21
Polda Metro Jaya membenarkan jika berkas kasus pencemaran nama baik yang menjerat Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti sudah lengkap atau P21.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan.

“Membenarkan bahwa penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya telah menerima surat pernyataan bahwa berkas perkara atas nama tersangka telah lengkap,” ungkap Trunoyudo saat dimintai konfirmasi.

Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko

Pernyataan P21 Dari Pihak Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta

Kasus ‘Lord Luhut’ Dinyatakan Lengkap
Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta (Kejati DKI) menyatakan kasus pencemaran nama baik yang menjerat Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti sebagai tersangka lengkap atau P21.

Selanjutnya polisi akan menyerahkan tahap II tersangka Haris dan Fatia ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta.

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati DKI Ade Sofyansah

“Saya sampaikan secara formil firm itu betul P21 dari Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta untuk Haris Azhar dan Fatia,” ujar Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati DKI Ade Sofyansah saat dikonfirmasi wartawan, pada Senin 20 Februari 2023.

Seperti diketahui, Haris dan rekannya, Fatia Maulidiyanti, ditetapkan sebagai tersangka. Kasus ini bermula ketika Haris dan Fatia mengaitkan nama Luhut dengan perusahaan bisnis tambang di Papua.

Ade mengatakan saat ini pihak Kejati DKI Jakarta menunggu penyidik Polda Metro Jaya untuk melimpahkan berkas, tersangka dan barang bukti atau tahap 2 kasus itu ke Kejati DKI. Namun dia menyerahkan kapan waktu pelimpahannya ke penyidik.

Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti saat menjawab pertanyaan sejumlah wartawan usai menjalani pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya. (Istimewa)

“Untuk tahap 2 kita serahkan ke teman-teman penyidik kapan mau siap. Yang pasti itu sudah P21, artinya berkas sudah layak untuk di lanjutkan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti telah berstatus tersangka kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *