Kabid Bina Marga Riau Turun Memediasi Jembatan Goyang Dumai

0

Mata-Hukum, Dumai — Sehari sebelum aksi warga menutup jembatan Sungai Mesjid, wakil pemerintah Provinsi Riau datang menemui masyarakat Kecamatan Sungai Sembilan di Dumai. Pertemuan dalam rangka mediasi ini berlangsung di Kafe Arabika, Dumai, Kamis (14/12).

Rombongan pemprov dipimpin Kepala Bidang Bina Marga Provinsi Riau Teza Darsa. Dibawa juga kontraktor yang gagal membangun duplikasi jembatan, yakni PT Karya Mitra Jaya Perkasa. Direksi perusahaan, Adrianus D Kurniawan dan Alex, ikut hadir dan lebih banyak diam selama mediasi.

Terungkap bahwa kontraktor tidak punya modal sehingga proyek mangkrak. Karena tidak ada progress, anggaran proyek tersebut (senilai ±Rp 29 miliar) habis dialihkan untuk kegiatan lain. Akibatnya pembangunan duplikasi jembatan Sungai Mesjid gagal diselesaikan tahun ini. Kontraktor PT KMJP akan diberi sanksi Pemprov Riau.

Kabid BM Riau Teza Darsa menyampaikan maaf kepada masyarakat Sungai Sembilan karena pembangunan yang terkendala. Solusinya, Pemprov Riau akan menutup lubang-lubang di jembatan itu dengan plat. “Dalam 3 hari ini akan kami kirim plat-plat agar jembatan tetap bisa berfungsi, walau dalam kondisi darurat,” kata Teza.

Agoes Budianto, wakil warga, mengingatkan bahwa solusi darurat ini tetap saja berisiko bagi warga: “Bagaimana jika jembatan tiba-tiba roboh?” Ia mendesak Pemprov Riau untuk lebih serius memperhatikan hak dan keselamatan publik.

Ketua Masyarakat Peduli Pembangunan dan Kemajuan Kecamatan Sungai Sembilan (MP2K2S2) Amir Hamzah menerima hasil mediasi ini.

“Namun dengan catatan, kami terus memantau pelaksanaan kesepakatan tadi. Jika tidak sesuai dijalankan, kami akan demo tutup jembatan yang sudah rapuh dan goyang kuat itu,” tegas Amir.

===

Berikut isi kesepakatan antara Pemprov Riau dengan masyarakat Sungai Sembilan:

KESEPAKATAN BERSAMA DENGAN MASYARAKAT SUNGAI SEMBILAN
14 Desember 2023

Terkait urgensi Jembatan Sungai Sembilan, seharusnya pembangunan duplikatnya harus selesai tahun ini. Namun sampai saat ini belum selesai.

Untuk menjaga masyarakat terhadap kondisi Jembatan Sungai Sembilan saat ini, maka:

  1. Akan dilakukan pemasangan plat dalam 7 hari setelah hari ini atau sampai dengan hari Minggu 17 Desember 2023 oleh Dinas PUPR Provinsi Riau.
  2. Hari Minggu harus sudah ada pihak PUPR Provinsi Riau melaksanakan pekerjaan.

Disepakati oleh:

Teza Darsa (Kabid BM PUPR Riau)
Brantas Hartono (Kasi Pembangunan Jalan dan Jembatan)
Arif Usman (PUPR PKPP Riau)
Hergustiman (Camat)
Indrajaya (Lurah)
Suryanto (tokoh pemuda SS)
Efendi
Agoes Budianto (MP2K2S2)
Amir Hamzah (MP2K2S2)
E Allen M (kanit intel Polres Dumai)
A Kadir J (LPMK)

jotz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *