Kaesang Resmi Jadi Ketum Baru PSI

0

“Giring Ganesha: “Mungkin bagi banyak elit politik, aneh jika seorang Ketua Umum malah merekomendasikan nama penggantinya,”

Mata-Hukum, Jakarta – Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep resmi ditunjuk sebagai Ketua Umum baru Partai Solidaritas Indoneska (PSI). Kaesang jadi Ketum PSI menggantikan posisi Giring Ganesha.

Pengumuman Kaesang sebagai Ketua Umum PSI digelar di acara Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI. Saat diumumkan, 38 Ketua DPW PSI naik ke atas panggung dipimpin oleh Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie.

“Mari kita sambut Ketua Umum baru kita, Bro Kaesang Pangarep,” Grace di Djakarta Theatre, Jakarta Pusat, pada Senin 25 September 2023.

Sontak pengumuman itu disambut riuh oleh ratusan kader PSI yang hadir di lokasi. Para kader PSI meneriakkan nama Kaesang.

“Hidup Kaesang!,” teriak kader PSI kompak.

“Bro Kaesang, Bro Kaesang, Bro Kaesang,” timpal kader PSI lainnya.

Sebelumnya, Giring mengaku yang meminta Dewan Pembina PSI untuk menjadikan Kaesang sebagai Ketua Umum PSI penggantinya.

“Mungkin bagi banyak elit politik, aneh jika seorang Ketua Umum malah merekomendasikan nama penggantinya,” ujar Giring dalam keterangan yang diterima wartawan, Senin.

Giring juga mengakui keputusan itu memang aneh. Namun, ia mengaku PSI berani untuk melakukan hal yang berbeda dengan partai politik lain.

“Mungkin tidak lazim, di tengah banyak partai yang posisi tertinggi partainya tidak berganti-ganti. Tapi faktanya di PSI begitu,” tutur Giring.

Giring menyatakan sudah menjalin komunikasi dengan Kaesang sejak tiga bulan yang lalu. Setelah ini, Giring menyampaikan akan fokus untuk pemilihan legislatif (Pileg) 2024

Sementara Giring Ganesha jabatan barunya sebagai anggota Dewan Pembina PSI

“Setelah ini saya akan fokus di Dewan Pembina sambil berjuang memenangkan kursi di Dalil Jawa Barat I untuk PSI,” jelas Giring.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *