Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Rotasi Jabatan 6 Kapolda dan Dankor Brimob Polri

0

“Jabatan Dankorbrimob Polri yang sebelumnya dijabat oleh Komjen Anang Revandoko, saat ini akan dijabat oleh Irjen Pol Imam Widodo yang sebelumnya menjabat Wadankorbrimob Polri”

Mata-Hukum, Jakarta – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo merotasi sejumlah perwira tinggi (pati) yang satu di antaranya jabatan Dankorbrimob Polri.

Rotasi tersebut teregister dalam surat telegram (ST) dengan nomor ST/2360/X/KEP./2023 tertanggal 14 Oktober 2023 yang ditandatangani Asisten Kapolri bidang SDM Irjen Pol Dedi Prasetyo atas nama Kapolri.

“Iya benar, mutasi jabatan adalah proses alamiah dalam organisasi,” kata Dedi Prasetyo dalam keterangannya, pada Sabtu 14 Oktober 2023.

Jabatan Dankorbrimob Polri yang sebelumnya dijabat oleh Komjen Pol Anang Revandoko, saat ini akan dijabat oleh Irjen Imam Widodo yang sebelumnya menjabat Wadankorbrimob Polri.

Selain itu, terdapat dua jabatan Wakapolda di Timur Indonesia juga berganti. Jabatan Wakapolda Papua akan diisi oleh Brigjen Pol Petrus Patrige Rudolf Renwarin.

Sementara, jabatan Wakapolda Papua Barat akan dijabat oleh Kombes Pol Alfred Papare.

Salin jabatan Dankor Brimob Polri, Kapolri juga merotasi jabatan enam Kapolda yang satu di antaranya jabatan Kapolda Jawa Timur.

Pertama, Irjen Imam Pol Sugianto kini menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur (Jatim) menggantikan Irjen Pol Toni Hermanto dalam rangka pensiun.

Kedua, jabatan yang ditinggalkan Imam yakni Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim) akan dijabat oleh Irjen Pol Nanang Avianto yang kini menjabat Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng).

Ketiga, jabatan yang ditinggalkan Nanang, akan dijabat Irjen Pol Djoko Poerwanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Keempat, posisi Kapolda NTB yang ditinggalman Djoko, saat ini akan dijabat oleh Irjen Pol Umar Faroq yang sebelumnya menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.

Kelima, jabatan Kapolda Kepulauan Bangka Belitung yang sebelumnya dijabat Irjen Yan Sultra akan digantikan Irjen Pol Tornagogo Sihombing yang kini mengemban jabatan sebagai Wakil Inspektur Pengawasan Umum Polri.

Keenam, Kapolda Banten yang kini dijabat oleh Irjen Pol Rudy Heriyanto akan digantikan oleh Brigjen Pol Abdul Karim. Karim sebelumnya menjabat Karokorwas PPNS Bareskrim Polri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *