Kejaksaan Agung Bersyukur Kepercayaan Publik Naik Jadi 81,2% di Survei Indikator

0

“Dari catatan survei sejak tahun 1.999. Dengan tingkat kepercayaan 81,2% dikatakan Burhanuddin merupakan pertama kalinya Kejaksaan Agung menempati kepercayaan paling tinggi dalam sejarah”

Mata-Hukum, Jakarta – Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Ketut Sumedana merespons hasil survei Indikator Politik Indonesia penilaian terhadap lembaga negara atas institusi Kejaksaan Agung dengan penilaian 81,2 persen tertinggi sepanjang sejarah.

Merespon hasil survei tersebut Ketut mengukapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan kepada masyarakat untuk kinerja Kejaksaan dibawah pimpinan Jaksa Agung ST Burhanuddin.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan masyarakat,” kata Ketut kepada wartawan, Minggu 2 Juli 2023.

Meski begitu Ketut mengukapkan untuk mengingatkan jajarannya untuk tidak jumawa dengan melakukan program humanis sesuai dengan perintah Jaksa Agung.

“Namun demikian saya juga mengingatkan jangan jumawa, senantiasa meningkatkan kinerja dan melakukan program-program humanis di masyarkat sebagaimana perintah dan arahan dari Bapak Jaksa Agung,” tutur Ketut.

Adapun sebelumnya Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengungkapkan bahwa hasil survei penilaian terhadap lembaga negara atas institusi Kejaksaan Agung dengan penilaian 81,2 persen tertinggi sepanjang sejarah.

Diketahui dalam hasil survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia, pada periode survei 20-24 Juni 2023 dengan melibatkan 1.220 responden dengan metode teknik pengumpulan data tatap muka.

Tercatat sebanyak 9,7 persen responden percaya akan kinerja Kejaksaan Agung, 71,5% cukup percaya dan kurang percaya 13,6 persen.

“Kejaksaan Agung sekali lagi menempati posisi ketiga. Kalau kita jumlah total ada 81,2% yang menyatakan sangat percaya dan percaya terhadap Kejaksaan Agung,” kata Burhanuddin Muhtadi dalam paparan daring, pada Minggu 2 Juli 2023.

Kemudian dikatakannya bahwa dari catatan survei sejak tahun 1.999. Dengan tingkat kepercayaan 81,2% dikatakan Burhanuddin merupakan pertama kalinya Kejaksaan Agung menempati kepercayaan paling tinggi dalam sejarah.

“Biasanya Kejagung berada kisaran 60-an persen. Tapi setahun terakhir konsisten berada di peringkat tiga. Itu pun belum pernah menyentuh angka 80% baru kali ini berada di angka 81,2%,” jelasnya.

Sementara itu untuk lembaga negara tertinggi dalam hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia, tercatat TNI mejadi yang tertinggi dengan tingkat kepercayaan 95,8%.

Peringkat kedua disusul Presiden dengan tingkat kepercayaan 92,8%, lalu Kejagung 81,2%. Sementara itu dua terbawah DPR 68,5 persen dan partai politik 65,3%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *