Kombes Irwan Anwar, Menantu Mantan Kapolri Terseret Kasus Pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo oleh Pimpinan KPK

0

“Kombes Pol Irwan Anwar kini bolak-balik diperiksa tim penyidik Direskrimsus Polda Metro Jaya. Mantan Kapolrestabes Makasar itu diduga menjadi perantara Kasus pemerasan oleh pimpinan KPK terhadap SYL “

Mata-Hukum, Jakarta – Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar kembali diperiksa oleh kepolisian Polda Metro Jaya sebagai saksi dalam kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terhadap eks Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengetahui lebih jauh mengenai sosok Irwan Anwar dalam biodata Kombes Irwan Anwar merupakan menantu mantan kapolri di bawah ini.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak membenarkan bahwa Irwan Anwar telah diperiksa sebagai saksi dalam kasus Syahrul Yasin Limpo.

Irwan sempat disebut menjadi perantara yang mempertemukan antara Ketua KPK Firli Bahuri dnegan SYL pada Desember 2022 lalu.

Tak hanya itu, Irwan Anwar juga merupakan suami dari Andi Tenri Gusti Hanum Utari Natassa, kemenakan Syahrul Yasin Limpo dan kini telah memiliki seorang anak.

Ibu dari Andi Tenri yakni Dewie Yasin adalah adik dari Syahrul Yasin Limpo yang sempat terseret kasus korupsi.

Biodata Irwan Anwar Menantu Mantan Kapolri

Irwan Anwar lahir di Makassar, Sulawesi Selatan pada 17 Februari 1972. Ia memiliki dua orang anak dari pernikahan pertamanya dengan Rosmita Dwi Wahyani. Pada tahun 2020, Irwan Anwar mempersunting Andi Tenri Gusti Harnum Utari Natassa, kemenakan Syahrul Yasin Limpo.

Ia menyelesaikan pendidikan kepolisian di Akpol tahun 1994, satu angkatan dengan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Sejak lulus dari Akpol tahun 1994, Irwan Anwar malang melintang di bidang reserse.

Mantan ayah mertua Irwan Anwar merupakan mantan kapolri periode 1998-2000 Jenderal (Purn) Rusman Hadi. Dinukil dari Kepustakaan Ilmu Kepolisian RI, pendidikan militer yang ditempuh oleh Roesman Hadi adalah lulusan PTIK angkatan 11, Sespim Polisi tahun 1980, Sesko Abri tahun 1990 dan kursus Lemhanas di tahun 1992.

Lulus dari PTIK tahun 1969, Roesman Hadi menjadi Irdin Res 86 Bandung Polda Jabar, lalu sempat menjadi Staf Ahli Menhankam, Wakapolda Kalbar, Wakapolda Jatim, Kapolda Sumatera Utara, Kapolda Jatim hingga Demin kapolri dan terakhir Perwira Tinggi Mabes ABRI sebelum didapuk menjadi Kapolri di tahun 1998.

Anak Irwan Anwar dari pernikahan pertamanya, yakni Rangga Wirabrata Mahardika terpilih menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka 2019 mewakili Provinsi Jawa Barat. Saat itu, cucu kelima Jenderal (Purn) Rusman Hadi mendapatkan kesempatan istimewa menjadi pengerek Bendera Merah Putih hingga mendapatkan hadiah sepeda dari Presiden Jokowi.

Sebagai informasi, Ditreskrimsus Polda Metro Jaya sudah melalakukan pemeriksaan terhadap enam orang saksi dalam kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK terhadap SYL.

Saat ini, kepolisian telah melakukan gelar perkara pada Jumat (6/10/2023) untuk kepentingan peningkatan status dari penyelidikan menuju ke tahap penyidikan.

Kapolda Jateng: Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar diperiksa Polda Metro Jaya terkait dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terhadap SYL

Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Ahmad Luthfi angkat bicara soal Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar diperiksa Polda Metro Jaya terkait dugaan pemerasan pimpinan KPK kepada mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Luthfi menyebut Irwan sudah berangkat ke Jakarta untuk memenuhi panggilan tersebut.
“Dia dipanggil sebagai saksi dan hari ini sudah berangkat ke sana,” kata Luthfi kepada wartawan di Hotel Patra Semarang, pada Selasa 10 Oktober 2023.

Luthfi menyebut Irwan masih dipanggil secara internal ke Polda Metro. Pihaknya belum berencana memberikan pendampingan hukum untuk Irwan karena masih menjadi saksi.

“Kalau pemeriksaan saksi belum (ada bantuan hukum) ya, masih secara internal dipanggil ke sana,” jelasnya.

Selanjutnya, Luthfi mengaku belum mengetahui materi pemeriksaan Irwan. Dalam surat panggilan terhadap Irwan, kata Luthfi, tak menjelaskan isi materi pemeriksaan.

“Kasus kurang tahu ya, yang jelas dipanggil ke Jakarta di Polda Metro jadi hanya panggilan resmi yang diluncurkan, tentang materi resmi dan sebagainya penyidik dari Polda Metro Jaya,” tambahnya.

Kombes Pol Irwan Anwar Buka Suara: Komjen Pol (Purn) Firli Atasan Saya Langsung saat di Polda NTB

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar buka suara soal dikaitkannya dirinya dalam kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK Komjen Pol (Purn) Firli Bahuri terhadap Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat menjabat menteri pertanian.
Dia mengaku memiliki ada hubungan baik dengan SYL, maupun Ketua KPK Firli Bahuri.

“Pak Firli dulu adalah atasan langsung saya, ketika saya menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum di Polda Nusa Tenggara Barat, kira-kira tahun 2017 silam. Kemudian, Pak Mentan adalah paman saya, kebetulan bersaudara dengan almarhumah mertua saya,” kata dia menjawab pertanyaan wartawan di Semarang, Selasa 10 Oktober 2023.

Pada kesempatan itu, dia mengaku pada 2021 silam pernah diminta untuk menemani SYL yang kala itu mentan untuk bertemu Firli.

“Pernah ada di tahun 2021, kira-kira di bulan Februari. Itu kebetulan saya diminta untuk menemani Pak SYL untuk menemui Pak Firli dalam rangka membangun atau membuat MOU, kerja sama pencegahan tindak pidana korupsi, atau pendampingan lah dalam hal pencegahan korupsi,” katanya.

Saat ditanya terkait dugaan jadi perantara penyerahan uang dari SYL ke Firli, dia menjawab, “Penyerahan uang itu tidak betul, saya tidak pernah merasa.”

Dari berbagai sumber/matahukum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *