Komisi II DPR RI Sepakat Perppu Pemilu Dibawa ke Paripurna

0

“Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart: Pak Dasco baru kasih informasi bahwa Fraksi Gerindra ikut sama-sama dengan yang lain”

Pimpinan Komisi II DPR RI, Junimart Girsang bersama dengan Ahmad Doli Kurnia saat memimpin rapat. (Istimewa)

Mata-Hukum, Jakarta – Komisi II DPR RI sepakat membawa RUU tentang Penetapan Perppu Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas UU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum atau Perppu Pemilu ke paripurna. Sembilan fraksi di DPR menyetujui Perppu Pemilu dalam pembahasan di tingkat komisi.

Suasana rapat antara Komisi II DPR RI bersama pemerintah bahas Perppu Pemilu. (Istimewa)


Rapat digelar di ruang Komisi II DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Rabu 15 Maret 2023.

Rapat dipimpin oleh Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia bersama Junimart Girsang. Rapat tersebut dihadiri langsung Mendagri Tito Karnavian hingga Staf Ahli Bidang Kemenkumham RI, Mien Usihan Ginting.

Gedung DPR RI. (Istimewa)

“Ada satu fraksi sampai sekarang Partai Gerindra belum mendapat mandat untuk menyampaikan pandangan akhir mini fraksinya. Saya minta pendapat Bapak Ibu, karena usul saya dari 9 fraksi yang ada di DPR, 8 mengatakan persetujuannya, apakah bisa kita anggap ini sudah mewakili?” kata Doli kepada anggota Komisi II, Rabu.

Setelahnya, Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart menyebut Gerindra satu sikap dengan fraksi lain. Hal ini disampaikan setelah Junimart mendapat konfirmasi dari Ketua Harian Gerindra Dasco.

“Pak Dasco baru kasih informasi bahwa Fraksi Gerindra ikut sama-sama dengan yang lain,” tutur Junimart.

Ketua Komisi II DPR kemudian mengakhiri kesimpulannya. Sembilan fraksi sepakat jika Perppu ini dibawa ke paripurna.

Dari sembilan fraksi yang menyetujui, Demokrat dan PKS setuju dengan catatan.

Demokrat meminta persiapan pemilu di DOB Papua dipastikan hingga soal pelaksanaan masa kampanye. Sementara itu, PKS menyoroti pengajuan Perppu Pemilu yang menurut mereka seharusnya dilakukan pada masa sidang III DPR dan menyinggung keseriusan pemerintah.

“Komisi II sudah mendengarkan masing-masing fraksi dan juga sudah mendengarkan penjelasan oleh Pemerintah. Saya ingin tanyakan apakah terhadap RUU Tentang Penetapan Perppu Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas UU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum dapat disetujui menjadi draf final Undang-Undang ini?” ujar Doli yang dijawab setuju oleh anggota Komisi II.

“Kita akan bawa ke tingkat dua, dalam paripurna DPR RI yang akan datang,” kata Doli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *