Komjen Anang Revandoko Resmi Lantik 3 Komandan Pasukan Baru Bentukan Brimob Polri

0

“Kehadiran ketiga Danpas Brimob ini adalah untuk mengorganisasi grup-grup yang dinilai bertugas di wilayah-wilayah rentan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat”

Mata-Hukum, Jakarta – Komandan Korps (Dankor) Brimob Polri, Komjen Pol Anang Revandoko meresmikan struktur organisasi baru bentukan Brimob Polri.

Dihari yang sama Anang juga melantik Komandan Pasukan Brimob I, II, dan III di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Pelantikan Komandan pasukan baru bentukan Brimob Polri di Mako Brimob Polri, Kelapa Dua Depok. (Istimewa)


“Saya resmikan struktur organisasi Pasukan Brimob I, Pasukan Brimob II, dan Pasukan Brimob III Korps Brimob Polri,” kata Anang di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, pada Jumat 10 Maret 2023.

Pelantikan itu diawali dengan pembacaan ikrar Brimob sejati dan diikuti oleh pasukan. Kemudian, penyerahan pataka oleh Dankor Brimob kepada Komandan Pasukan (Danpas) Brimob I, II, dan III.

Komandan Korps (Dankor) Brimob Polri, Komjen Pol Anang Revandoko

“Saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya,” ucap Dankor Brimob Polri Komjen Anang Revandoko diikuti oleh Danpas Brimob I, II, dan III.

Komandan Korps (Dankor) Brimob Polri, Komjen Pol Anang Revandoko memberikan keterangan pers usai meresmikan dan melantik Komandan pasukan baru bentukan Brimob Polri. (Istimewa)

“Demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara bahwa saya dalam menjalankan tugas dan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab bahwa saya sebagai prajurit Bhayangkara akan menjunjung tinggi Tribrata dan Catur Prasetya dalam menjalankan tugas

Pelantikan Komandan pasukan baru bentukan Brimob Polri di Mako Brimob Polri, Kelapa Dua Depok. (Istimewa)

pengabdian kepada bangsa dan negara. Bagi yang beragama Kristen dan Protestan ‘Kiranya Tuhan menolong saya’,” lanjut Dankor Brimob Polri Komjen Anang Revandoko diikuti oleh Danpas Brimob I, II, dan III.

Adapun pelantikan jabatan Danpas Brimob I, II, dan III berdasarkan keputusan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, yakni:

Pelantikan Komandan pasukan baru bentukan Brimob Polri di Mako Brimob Polri, Kelapa Dua Depok. (Istimewa)
  • Brigjen Firli R Samosir sebelumnya menjabat sebagai Karo Ops Polda Jateng menjadi Komandan Pasukan Brimob I Korbrimob Polri.
  • Brigjen Arif Budiman sebelumnya menjabat sebagai Wakil Komandan Pasukan Gegana Korbrimob menjadi Komandan Pasukan Brimob II Korbrimob Polri
  • Brigjen Gatot Haribowo sebelumnya menjabat sebagai Ditsamapta Polda Metro Jaya menjadi Komandan Pasukan Brimob III Korbrimob Polri

Danpas Brimob I Brigjen Firli R Samosir akan ditempatkan di Kabupaten Aceh Timur, Danpas Brimob II Arif Budiman ditempatkan di Kabupaten Kutai Kartanegara, dan Danpas Brimob III Brigjen Gatot Haribowo ditempatkan di Kabupaten Mimika Papua.

Pesan Dankor Brimob ke Danpas: Jaga IKN dan Pemilu 2024!

Dankor Brimob Polri Komjen Anang Revandoko melantik Komandan Pasukan (Danpas) Brimob I, II, dan III di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. Anang berpesan soal tugas menjaga Ibu Kota Negara (IKN) hingga Pemilu 2024.
“Danpas Brimob I di wilayah barat, Aceh dan Sumatera. Kemudian sesuai perintah pimpinan, Danpas Brimob II di wilayah tengah, yaitu di IKN. Danpas Brimob II menjaga kebijakan pemerintah kita, yaitu persiapan IKN yang ada di Kalimantan Timur,” kata Anang di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jumat (10/3/2023).

Dia lalu menyampaikan tugas Danpas Brimob III, yakni menjaga wilayah timur Indonesia, khususnya Mimika, Papua. “Kemudian, Danpas Brimob III bagaimana melindungi mengayomi masyarakat di wilayah timur yang akan bertempat di wilayah Papua, khususnya di Mimika,” lanjutnya.

Anang menjelaskan kehadiran ketiga Danpas Brimob ini adalah untuk mengorganisasi grup-grup yang dinilai bertugas di wilayah-wilayah rentan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Anang menerangkan, setelah melewati kajian yang lama, Brimob menilai perlu kecepatan dalam konteks melindungi dan melayani masyarakat.

“Bagaimana Korps Brimob Polri punya tugas penanganan konflik, penanganan kelompok yang bersenjata api, menggunakan bahan peledak, KBR, yang lintas provinsi, daerah, di mana Negara Republik Indonesia sangat luas sekali. Sehingga kita perlu kecepatan dalam konteks melindungi, melayani masyarakat,” jelasnya.

Kemudian, menghadapi Pemilu 2024, Anang mengatakan pihaknya mementingkan beberapa potensi adanya gangguan kamtibmas yang menjadi fokus Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Oleh sebab itu, tambah Anang, Brimob menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dan meningkatkan peralatan Brimob Polri supaya modern lagi.

“Alhamdulillah, Bapak Kapolri telah mementingkan beberapa potensi gangguan kamtibmas, yang belajar dari beberapa kita pengalaman pemilu kemarin. Yang mana kita harus menekan lebih awal lagi. Potensi gangguan yang akan mungkin terjadi dan akan terjadi dengan dekatnya pemilu,” ungkapnya.

“Kemudian bagaimana menyiapkan sumber daya manusia (SDM) Korps Brimob Polri dan bagaimana meningkatkan peralatan Brimob Polri supaya modern lagi,” imbuh Anang.

Anang lalu menyampaikan Danpas I yang berada di Aceh dan Sumatera akan mengorganisasi potensi yang pernah terjadi pada pemilu. Anang yakin Brimob mampu mengamankan Pemilu 2024.

“Danpas yang ada di satu, di wilayah barat, dia akan mengorganisir potensi yang pernah terjadi pada pemilu tadi. Insyaallah dengan kekuatan, kemampuan Korps Brimob Polri dan modernisasi, pasti akan berdampak langsung pada masyarakat. Kita akan dapat melakukan upaya-upaya pengamanan pemilu pada 2024,” tutur dia.

Sebelumnya, Anang meresmikan struktur organisasi baru di Brimob. Anang juga melantik Komandan Pasukan Brimob I, II, dan III di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

“Saya resmikan struktur organisasi Pasukan Brimob I, Pasukan Brimob II dan Pasukan Brimob III Korps Brimob Polri” kata Anang di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, pagi tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *