KPK Bicara Pelaku Pasif TPPU Terkait Korupsi Ricky Pagawak dan Presenter tvOne Brigita Manohara

0

“Brigita mengakui menerima aliran uang dan mobil dari Ricky Pagawak. Namun, uang itu didapatkannya atas apresiasi Ricky Pagawak kepadanya sebagai presenter dan konsultan komunikasi”

Presenter tvOne Brigita Manohara. (Istimewa)

Mata-Hukum, Jakarta – Kasus gratifikasi hingga tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang menjerat Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak turut menyeret nama Presenter televisi Brigita Manohara. Kini KPK mendalami dugaan keterlibatan pihak lain dalam kasus TPPU Ricky, termasuk Brigita.


Diketahui, Brigita sempat menerima aliran uang dan mobil dari Ricky. Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri mengungkit adanya pelaku pasif dalam tiap kasus TPPU.

Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak dikawal petugas KPK menuju mobil tahanan. (Istimewa)

“Kita tahu pelaku TPPU bisa ada juga yang kita sebut sebagai pelaku pasif,” kata Ali kepada wartawan, pada Rabu 22 Februari 2023.

Ali menjelaskan soal indikasi Brigita kembali dipanggil KPK meski telah mengembalikan uang yang diduga hasil korupsi Ricky Pagawak. Sehingga, peluang untuk penyidik memeriksa kembali Brigita Manohara ada.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri saat menjawab pertanyaan sejumlah wartawan di gedung KPK. (Istimewa)

“Bahwa yang bersangkutan telah mengembalikan uang sekitar Rp 480 juta kan sudah kami sampaikan sebelumnya. Tapi dalam rangka untuk penelitian TPPU itu tentunya kami akan dalami dan analisis lebih lanjut apakah ada keterkaitan dengan TPPU,” katanya.

Pelaku Pasif di Kasus TPPU
Dalam kasus TPPU, pelaku biasanya terbagi menjadi dua kategori, pelaku aktif dan pasif. Pelaku aktif atau pelaku utama acap kali melibatkan pihak lain dalam melakukan kejahatan TPPU.

Presenter tvOne Brigita Manohara usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK. (Istimewa)

Pelaku aktif biasanya berupaya untuk menyamarkan hingga menyembunyikan hasil kejahatan korupsinya dengan melakukan sejumlah transaksi. Tindakan itu dilakukan agar proses pelacakan aset menjadi terhambat.

Nah, pihak-pihak yang menerima harta atau transaksi yang diduga hasil korupsi dari pelaku utama dikategorikan sebagai pelaku pasif. Peran hingga ancaman pidana pelaku pasif pun telah diatur dalam Pasal 5 ayat 1 UU Nomor 8 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Gedung KPK. (Istimewa)

Berikut bunyinya:

“Setiap Orang yang menerima atau menguasai penempatan, pentransferan, pembayaran, hibah, sumbangan, penitipan, penukaran, atau menggunakan Harta

Kekayaan yang diketahuinya atau patut diduganya merupakan hasil tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).”

Brigita Manohara Terima Uang hingga Mobil dari Ricky Pagawak

Presenter tvOne Brigita Manohara. (Istimewa)


Nama presenter televisi Brigita Manohara terseret dalam kasus korupsi Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak. Brigita mengakui pernah menerima aliran uang hingga mobil dari Ricky.

Pengakuan itu diutarakan langsung oleh Brigita saat hadir sebagai saksi di KPK pada 25 Juli 2022. Dalam pemeriksaannya itu Brigita menjelaskan awal perkenalannya dengan Ricky Pagawak.

Brigita mengakui menerima aliran uang dan mobil dari Ricky Pagawak. Namun, uang itu didapatkannya atas apresiasi Ricky Pagawak kepadanya sebagai presenter dan konsultan komunikasi.

Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak dikawal petugas KPK menuju mobil tahanan. (Istimewa)

“Pada proses (pemeriksaan) tadi saya menyampaikan fakta bahwa saya pernah mengenal tersangka dan saya pernah menerima aliran dana serta hadiah dari tersangka sebagai apresiasi atas profesi saya, yakni presenter dan konsultan komunikasi,” kata Brigita Manohara di gedung KPK, Jakarta Selatan, pada Senin 25 Juli 2022 lalu.

Presenter tvOne Brigita Manohara. (Istimewa)

Brigita tidak menjelaskan detail pemberian uang dari Ricky Pagawak tersebut. Dia hanya menyebut pemberian uang itu dalam hubungan kerja profesional.

“Saya menyampaikan fakta bahwa saya pernah mengenal tersangka dan saya pernah menerima aliran dana serta hadiah dari tersangka sebagai apresiasi atas profesi saya, yakni presenter dan konsultan komunikasi,” jelasnya.

Brigita Juga Terima Mobil dari Ricky Pagawak


Untuk diketahui Ricky Pagawak ditangkap tim penyidik KPK di Abepura, Jayapura, pada Minggu 19 Februari 2023 lalu usai tujuh bulan buron.

Dalam konstruksi perkaranya, Ricky Pagawak diduga melakukan gratifikasi hingga tindak pidana pencucian uang sebesar Rp 200 miliar.

Nama Brigita Manohara lalu kembali mencuat usai Ricky Pagawak tertangkap. Brigita pun kembali mengaku juga pernah menerima mobil dari Ricky. Mobil itu pun telah dikembalikan Brigita kepada KPK.

“Semuanya sudah saya kembalikan. Nanti untuk lebih jelas bisa konfirmasi ke penyidik langsung biar nggak salah,” katanya saat dihubungi wartawan, pada Senin 21 Februari 2023

Brigita menegaskan tak tahu perihal uang yang diterimanya dari Ricky adalah hasil korupsi dan meminta kebijaksanaan penyidik KPK.

“Saya cuma berharap kebijaksanaan penyidik, karena saya memang tidak tahu menahu tentang korupsi yang dilakukan tersangka,” kata Brigita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *