KPK Usut Dugaan Korupsi Ditjen Minerba: Dari Tukin Hingga Menyeret BPK

0

“Jubir KPK Ali Fikri: tersangka diduga menggunakan uang dari dugaan korupsi untuk membeli sejumlah aset, serta dipakai terkait “operasional”. operasional” yang dimaksud yakni terkait pemenuhan proses pemeriksaan oleh BPK”

Gedung Kementerian ESDM RI. (Istimewa)

Mata-Hukum, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari Senin 27 Maret 2023, menggeledah sejumlah tempat di Jakarta.

Salah satu tempat yang digeledah tim penyidik KPK yaitu kantor Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara (Ditjen Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Jalan Prof. Soepomo, Tebet, Jakarta Selatan.

Jubir KPK Ali Fikri saat menjawab pertanyaan sejumlah wartawan. (Istimewa)


Berdasarkan pantauan wartawan di lapangan, para penyidik KPK mulai berdatangan ke kantor Ditjen Minerba sejak pukul 10.30 WIB hingga Senin sore penggeledahan berlangsung.

Lantas, kasus apa yang tengah diperiksa oleh KPK?

Menteri ESDM Arifin Tasrif. (Istimewa)

Menurut Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, kasus yang tengah disidik KPK ini yaitu terkait pemotongan tunjangan kinerja (Tukin) Aparatur Sipil Negara (ASN) di Direktorat Jenderal Minerba Kementerian ESDM.

KPK menduga, tersangka memakai hasil dugaan korupsi untuk keperluan pribadi.

“Uangnya kemudian diduga dinikmati oleh para oknum ini yang kemudian penggunaannya juga diduga untuk, baik itu ada keperluan pribadi masing-masing,” ungkap Ali kepada wartawan , pada Senin 27 Maret 2023.

Tak hanya itu, lanjutnya, tersangka diduga menggunakan uang dari dugaan korupsi untuk membeli sejumlah aset, serta dipakai terkait “operasional”.

“Ada pembelian aset, kemudian ada juga untuk ‘operasional’ ya,” imbuhnya.

Dia menyebut, “operasional” yang dimaksud yakni terkait pemenuhan proses pemeriksaan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Termasuk dugaannya dalam rangka untuk pemenuhan proses-proses pemeriksaan oleh BPK,” lanjutnya.

Ali mengatakan, ada satu orang tersangka dalam kasus ini. Namun sayangnya dia enggan menyebutkan identitas tersangka.

Terkait hal ini, Menteri ESDM Arifin Tasrif pun buka suara. Arifin membenarkan adanya penggeledahan KPK di kantor Ditjen Minerba.

“Iya lagi diselesaikan,” saat ditanya apakah ada penggeledahan di kantor Ditjen Minerba.

Dirinya pun membenarkan penggeledahan ini terkait dugaan korupsi tunjangan kinerja.

“Ada dugaan iya, tapi membenarkan korupsinya tidak,” kata Arifin kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Senin 27 Maret 2023.

Dia pun mengaku pihaknya masih menunggu penjelasan dari KPK terkait hal ini.

“Kita ikutin aja proses yang berlangsung,” imbuhnya.

Geledah Direktorat Jenderal Minerba Kementerian ESDM, KPK: Penyidikan Baru Kasus Korupsi

Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK melakukan penggeledahan terhadap kantor Direktorat Jenderal Minerba Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Informasi tersebut dibenarkan oleh Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri. Ia mengatakan penggeledahan tersebut dilakukan pada Senin, 27 Maret 2023.

“Informasi yang kami peroleh, betul ada kegiatan penggeledahan oleh tim KPK di kantor kementrian ESDM. Saat ini masih berlangsung,” ujar dia melalui keterangan tertulis.

Meski begitu Ali belum menjelaskan secara detail mengenai upaya geledah paksa tersebut. Namun, ia menyebut kegiatan penindakan tersebut berkaitan dengan pengusutan kasus korupsi di Kementerian ESDM.

“Terkait kegiatan penyidikan baru oleh KPK atas dugaan korupsi di kementrian ESDM,” ujar Ali.

Dari berbagai sumber/matahukum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *