Lemkapi: Calon Kepala BNPT harus punya kemampuan deradikalisasi

0

“Edi Hasibuan: Semua terserah presiden. Karena untuk pejabat utama Mabes Polri bintang 3 baik calon Kepala BNPT maupun Kabaharkam Polri harus persetujuan Presiden”

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran. (Istimewa)

Mata-Hukum, Jakarta – Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi) Edi Hasibuan mengemukakan, calon Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) harus memiliki kemampuan deradikalisasi paham terorisme.

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian (Lemkapi) Edi Hasibuan. (Istimewa)

“Calon Kepala BNPT ke depan dibutuhkan memiliki kemampuan dalam melakukan deradikalisasi termasuk memperlakukan mantan napi terorisme dan keluarganya agar mudah diterima masyarakat,” katanya dalam keterangan tertulisnya diterima, pada Senin 26 Maret 2023.

Dalam kesempatan tersebut Edi mengatakan, sosok Kepala BNPT butuh koordinasi dengan Polri agar bisa saling mendukung dalam menyukseskan program deradikalisasi yang dicanangkan pemerintah.

Komjen Pol Boy Rafli Amar. (Istimewa)

Edi mengatakan hal itu menanggapi Kepala BNPT Boy Rafli Amar yang akan memasuki masa pensiun pada 1 April 2023 karena pada Maret ini genap berusia 58 tahun. Sebagai perwira tinggi Polri berpangkat Komisaris Jenderal (Komjen), Boy akan mengakhiri masa dinas Kepolisian pada usia tersebut.

“Masa jabatan Kepala BNPT yang kini dijabat Komjen Pol Boy Rafli Amar sudah mendesak,” kata Edi Hasibuan.

Pengajar hukum tindak pidana terorisme pada Universitas Bhayangkara Jakarta ini mengaku sudah mendengar kabar Polri telah mengusulkan sejumlah jenderal polisi untuk menjadi Kepala BNPT. Usul disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

Edi Hasibuan menilai sejumlah nama pantas menduduki jabatan Kepala BNPT, antara lain Kapolda Metro Jaya Irjen Mohammad Fadil Imran, Kepala Detasemen Khusus 88 Anti Teror Polri Irjen Pol Marthinus Hukom dan Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Rycko Amelza Dahniel.

“Kami percaya Presiden sudah mengantongi satu nama yang bakal dilantik jadi Kepala BNPT,” katanya.

Calon Kabaharkam Polri

Sementara calon Kabaharkam Polri bisa Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran, ada juga Irjen Pol Imam Sugianto, Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Simanjuntak, semua Jenderal bintang 2 berpeluang.

Selain itu lanjut Edi, ada pula Irjen Pol Ahmad Lutfi atau Komjen Rycko Amelza Dahniel yang saat ini menjabat Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri.

“Semua terserah Presiden. Karena untuk pejabat utama Mabes Polri bintang 3 baik calon Kepala BNPT maupun Kabaharkam Polri harus persetujuan Presiden,’ tutup Edi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *