LP3HI Laporkan Ketua KPK Firli Bahuri Terkait Dokumen Bocor ke Polda Metro Jaya

0

“Wakil Ketua LP3HI, Kurniawan Adi Nugroho menyebut laporan ini ia layangkan ke Polda Metro Jaya, Jakarta pada Selasa 11 April 2923. Laporan diterima dan teregistrasi dengan Nomor: LP/1951/IV/2023/SPKT/Polda Metro Jaya”

Mata-Hukum, Jakarta – Lembaga Pengawasan dan Pengawalan Penegakan Hukum Indonesia (LP3HI) melaporkan kasus kebocoran dokumen hasil penyelidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait perkara dugaan korupsi perizinan tambang di Kementerian ESDM ke Polda Metro Jaya.

Dokumen hasil penyelidikan ini diduga dibocorkan oleh Ketua KPK, Firli Bahuri.

Wakil Ketua LP3HI, Kurniawan Adi Nugroho menyebut laporan ini ia layangkan ke Polda Metro Jaya, Jakarta pada Selasa 11 April 2923. Laporan diterima dan teregistrasi dengan Nomor: LP/1951/IV/2023/SPKT/Polda Metro Jaya.

“Laporan ini terkait dengan bocornya hasil penyelidikan KPK atas tindak pidana korupsi dalam bidang pertambangan di Kementerian ESDM, yang ditemukan pada saat penggeledahan di kantor ESDM,” kata Kurniawan kepada wartawan, pada Selasa 11 April 2023.

Sosok terlapor dalam kasus ini, kata Kurniawan, masih dalam penyelidikan. Meskipun dugaan awal pelakunya ialah Firli.

“Dari pihak kepolisian akan menentukan siapa saja yang terlapornya. Tetapi memang dugaan awal saya sampaikan berdasarkan informasi yang beredar di masyarakat itu adalah Pak Firli,” ungkapnya.

Dalam perkara ini, lanjut Kurniawan, pihaknya mempersangkakan terduga pelaku dengan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2014 tentang Keterbukaan Informasi Publik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 54 dan atau Pasal 112 KUHP.

Kurniawan mengungkap alasannya melaporkan kasus ini ke Polda Metro Jaya karena locus delicti atau tempat kejadian perkara berada di Jakarta.

Selain itu ia juga menilai penanganan perkara ini akan lebih optimal mengingat Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto merupakan mantan Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK.

“Sehingga dia sangat paham dokumen mana yang termasuk dokumen rahasia dan mana yang konsumsi publik,” pungkasnya.

MAKI Heran Ponsel Ketua KPK Firli Diduga Di-hack: Ini Super Lucu!

Koordinator Masyarakat Anti Korupsi (MAKI), Boyamin Saiman mengomentari dugaan peretasan ponsel milik Ketua KPK Firli Bahuri. Dia menilai dugaan peretansan ponsel Firli hal yang super lucu.
“Sebenarnya saya segan atau males untuk mengomentari ini, karena ini suatu yang sangat-sangat super lucu,” kata Boyamin saat dihubungi, pada Selasa 11 April 2023.

Boyamin heran ponsel Firli sampai bisa diretas. Dia curiga ponsel itu diretas sendiri oleh Firli.

“Masa handphone seorang ketua KPK bisa di-hack? Saya khawatir itu di-hack sendiri,” ujarnya.

Ponsel Firli Diretas
KPK mengatakan saat ini telah terjadi peretasan terhadap ponsel milik salah satu pimpinan KPK dan pegawai KPK. KPK menyebut permasalahan itu kini tengah dalam penanganan.

“Demikian halnya, yang saat ini sedang terjadi, sejak 10 April 2023 pagi ponsel salah satu pimpinan KPK dan pegawai sedang di-hack. Permasalahan ini pun masih ditangani oleh IT KPK untuk pemulihannya. KPK juga sedang mengkoordinasikannya dengan pihak Kemenkominfo,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, pada Selasa 11 April 2023.

Ali menyebut peretasan terhadap ponsel salah satu pimpinan KPK itu terjadi sejak Senin (10/4) lalu. Menurut sumber detikcom, ponsel pimpinan KPK yang diklaim diretas itu adalah ponsel milik Ketua KPK Firli Bahuri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *