Menko Mahfud: Koordinat Pilot Susi Air Diketahui, KKB Papua Sudah Dikepung Pasukan Gabungan

0

“Dalam kesempatan tersebut Mahfud juga mengungkapkan alasan mengapa hingga kini pihaknya (pasukan gabungan) belum melakukan aksi pembebasan sandera”

Pilot pesawat Susi Air yang Disendra Teroris KKB Papua. (Istimewa)

Mata-Hukum, Jakarta – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyebut pihaknya sudah mengetahui titik koordinat pilot Susi Air yang disandera oleh kelompok teroris kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

Dalam kesempatan tersebut Mahfud juga mengungkapkan alasan mengapa hingga kini pihaknya (pasukan gabungan) belum melakukan aksi pembebasan sandera.

Menkopolhukam Mahfud MD. (Istimewa)

“Saya sudah tahu lho tempatnya (pilot Susi Air disandera). Koordinat berapa, seperti itu. Kamu teroris (KKB) sudah kita kepung sekarang,” kata Mahfud kepada wartawan di kantor Kemenkopolhukam, pada Selasa 21 Februari 2023.


Salah satu alasannya adalah karena sandera adalah WN Selandia Baru, dan pihak Selandia Baru sudah berpesan agar tidak ada kekerasan dalam upaya pembebasan tersebut.

Pilot pesawat Susi Air yang Disendra Teroris KKB Papua. (Istimewa)

“Kita masih tangani. Ditunggu saja, mudah-mudahan ada penyelesaian,” lanjutnya.

Ia juga menjelaskan penyanderaan yang dilakukan KKB pimpinan Egianus Kogoya ini tidak ada hubungannya dengan penangkapan Gubernur Papua Lukas Enembe atau pemekaran daerah otonomi baru. Sebab Kogoya sudah bertahun-tahun sebelumnya beraksi.
“Kogoya ini sejak bertahun-tahun lalu sebelum ada urusan Enembe, sebelum ada DOB, itu memang sudah memberontak. Dan sudah selalu ngomong nantang-nantang, ‘Ayo tentara datang ke sini],” ucap Mahfud.

Aktifitas pilot pesawat Susi Air yang Disendra Teroris KKB Papua. (Istimewa)

Captain Philip Mehrtens hingga saat ini masih disandera KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya. Philip disandera sejak Selasa 7 Februari 2023 lalu. Penyanderaan itu dilakukan setelah pesawat Susi Air yang dikendalikan Captain Philips dibakar oleh KKB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *