Muncul Lagi Isu Cawapres Ganjar, Kini Andika Perkasa Disebut Cocok Lawan Prabowo

0

“Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya: Akan menjadi menarik apabila Ganjar menggandeng Jenderal Andika. Andika memiliki kekuatan tersendiri jika mendampingi Ganjar”

Mata-Hukum, Jakarta – PDI Perjuangan telah resmi menunjuk Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (bacapres) yang akan diusung untuk 2024. Menyusul PDIP, partai-partai lain juga ikut mengusung Ganjar, mereka adalah PPP, Hanura, dan Perindo.

Sejauh ini banyak nama-nama yang masuk bursa cawapres untuk mendampingi Ganjar Pranowo dalam kontestasi Pilpres 2024, salah satu yang muncul adalah nama mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa.

Seberapa besar kans Andika Perkasa mendampingi Ganjar?

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, menilai akan menjadi menarik apabila Ganjar menggandeng Andika. Yunarto menilai Andika memiliki kekuatan tersendiri jika mendampingi Ganjar.

“Memang dari sisi kelengkapan menjadi menarik ya, sipil lalu bersanding dengan militer misalnya kekuatan nasionalis secara sipil bersanding dengan kekuatan militer yang biasanya dianggap dekat dengan pemilih Islam, biasanya, itu bisa jadi kekuatan tersendiri,” ujar Yunarto saat ditemui wartawan di Hotel JS Luwansa, pada Jumat 23 Juni 2023 malam.

Dalam kesempatan tersebut Yunarto menyebut hubungan Andika dengan mertuanya, Hendro Priyono, dan PDIP cukup baik. Andika, lanjutnya, juga bukan sosok yang sudah layu.

“Artinya terlalu lama pensiun menjadi seorang jenderal, kan baru sekali artinya tingkat popularitasnya masih dibilang cukup baik. Saya pikir ada peluang juga di situ tinggal bagaimana kemudian yang realistis,” ungkap Yunarto.

Yunarto menilai Andika memiliki kelengkapan atribut di antara cawapres lainnya. Namun demikian, Yunarto menyebut Kemabli lagi kepada parpol pengusung, kepentingan parpol yang akan menentukan.

“Pertanyannya apakah Andika bisa dianggap menguntungkan PDIP? Apakah bisa dianggap menguntungkan PPP yang sudah punya jagoan Sandiaga Uno atau Perindo atau Hanura? Saya pikir tantangan dari Mas Andika ada di situ,” jelasnya.

Munculnya nama Andika disebut menjadi menarik, sebab lawan terbesar Ganjar adalah Prabowo yang berlatar belakang militer.

“Karena lawannya dari Ganjar ini kan yang paling kuat saat ini Prabowo dengan kelengkapan sosok jenderal, di sampingnya itu jadi kekuatan tersendiri,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *