Nasib Jenderal Firli Diujung Tanduk, Pasalnya Diduga Memeras Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo 1 Miliar Dollar?

0

“Ketua KPK Firli Bahuri Ngaku hanya Ketemu Syahrul Yasin Limpo saat Ratas, tapi Ada Foto Bersama di Lapangan Badminton”

Mata-Hukum, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak henti hentinya diterpa isu skandal. Kali muncul skandal terkait dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo dalam penanganan kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Adapun dugaan pemerasan tersebut menyasar Ketua KPK, Firli Bahuri.

Dalam klarifikasinya, Firli membantah telah melakukan pemerasan terhadap Syahrul senilai Rp 1 miliar dalam bentuk pecahan dollar Singapura.

“Apalagi kalau seandainya ada isu bahwa menerima sesuatu sejumlah 1 miliar dollar (Singapura), itu saya baca ya. Saya pastikan itu tidak ada,” katanya kepada wartawan, pada Kamis 5 Oktober 2023.

“Bawanya itu 1 miliar dollar (gimana) banyak loh. Kedua, siapa yang mau ngasih 1 miliar dollar?” sambung Firli.

Firli pun turut menepis soal adanya pertemuan degnan Syahrul di salah satu lapangan bulutangkis di Mangga Besar, Jakarta Barat.

Dia menegaskan tidak mungkin bertemu dengan politisi NasDem tersebut di tempat terbuka seperti lapangan bulutangkis.

“Tempat itu adalah tempat terbuka jadi saya kira tidak akan pernah hal-hala orang bertemu (Mentan),” tuturnya.

Selain itu, Firli juga menegaskan hanya berkomunikasi dengan Syahrul ketika bertemu dalam rapat terbatas (ratas) atau sidang kabinet.

Di luar pertemuan itu, pensiunan jenderal polisi bintang 3 itu mengungkapkan tidak pernah bertemu dengan Syahrul.

“Di Kementerian Pertanian, saya kenalnya hanya menteri. Di saat rapat terbatas maupun sidang kabinet paripurna, saya selalu bicara pada menteri sebelum sidang, itu diambil fotonya,” kata Syahrul.

“Saya pastikan kami tidak pernah melakukan hubungan dengan para pihak, meminta sesuatu apalagi disebut pemerasan. Saya kira tidak ada tuduhan itu,” sambungnya.

Namun, kini pernyataan Firli terkait hanya bertemu Syahrul saat ratas maupun sidang kabinet seakan terbantahkan.

Hal tersebut lantaran kini beredar foto diduga Firli bersama dengan Syahrul di lapangan badminton.

Dalam foto yang diterima wartawan tersebut, Firli tampak mengenakan pakaian bergaya sporty.

Dia tampak mengenakan kostum olahraga layaknya seorang yang akan bermain badminton.

Sementara Syahrul berada di sebelah Firli dengan mengenakan kemeja bermotif dan celana jeans.

Dalam foto tersebut, mereka tampak tengah berbincang.

Kendati demikian, belum diketahui secara pasti kapan pengambilan foto pertemuan mereka tersebut.

Belum diketahui pula apakah foto itu asli atau sudah diedit.

Hasil Penelusuran Lokasi Foto Lewat Google

Beredar foto Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sedang duduk berdua dan terlihat seperti mengobrol. Foto itu beredar setelah adanya dugaan pimpinan KPK melakukan pemerasan ke Syahrul Yasin Limpo.

Dalam foto itu, Firli tampak mengenakan baju olahraga lengkap dengan celana pendek dan sepatu olahraga. Ia berhadap-hadapan dengan politikus NasDem itu yang mengenakan kemeja dan celana panjang jins.

Mereka tampak bertemu di sebuah lapangan tertutup dengan tembok berwarna hijau tosca dengan tempat duduk panjang berbahan keramik. Berdasarkan penelusuran di Google, tempat bertemunya Firli dan Syahrul Yasun Limpo seperti di Gedung Olahraga (Gor) Tangki, Jalan Mangga Besar V Nomor 7, Mangga Besar, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. 

Selain adanya net bulu tangkis, di foto-foto Gor Tangki di Google, tembok berwarna hijau tosca dan tempat duduk panjang berbahan keramik tampak sama dengan foto pertemuan Firli dan Syahrul Yasin Limpo yang beredar.

Firli Bahuri tampak sudah mengantisipasi beredarnya foto dirinya dengan Syahrul Yasin Limpo di Gedung Olahraga. Saat mengkonfirmasi dugaan pemerasan ke Syahrul Yasin Limpo, Firli menceritakan, untuk menjaga kesehatannya, ia sering berolahraga, terkhusus bulu tangkis dua kali sepekan. “Itu di tempat terbuka. Saya kira tak akan pernah ada hal-hal seperti orang bertemu dengan saya atau menerima satu miliar. Saya pastikan itu tidak ada,” kata Firli kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Kamis, 5 Oktober 2023.

Pengakuan Penjaga Lapangan Bulu Tangkis Lihat Firli dan SYL Bertemu

Beredar foto Ketua KPK Firli Bahuri bertemu dengan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) di sebuah lapangan bulu tangkis di kawasan Jakarta Pusat. Penjaga lapangan bulu tangkis bercerita dan mengaku pernah melihat Firli dan SYL bertemu.
Dilansir CNN Indonesia, pada Jumat 6 Oktober 2023, penjaga lapangan bulu tangkis itu berinisial TR (37). Dia mengatakan pertemuan itu diduga terjadi sebelum pandemi COVID-19.

“Sepintas sih kayaknya pernah, sepintas. Tapi saya kurang ini soalnya dia ke sininya (masuk) agak cepat. Enggak pernah banyak interaksi di luar. Kalau enggak salah pernah (lihat). Kalau enggak salah lagi COVID-19,” ujarnya.

Dia menuturkan saat itu Firli tiba di lapangan lebih dahulu. Baru kemudian SYL menyusul dan berbincang kurang lebih 20 menit.

“Iya (ngobrol bareng). Itu paling 15-20 menitan udah pulang,” kata TR.

Dia menyebutkan lapangan bulu tangkis yang dijaganya itu sudah ada sejak 2010. Orang-orang yang kerap bermain bulu tangkis di tempat itu, menurutnya, adalah relasi si pemilik lapangan.

TR juga mengatakan banyak pejabat hingga pengusaha yang bermain di sana. Biasanya mereka datang ditemani ajudan masing-masing.

Menurut dia, Firli sudah bermain di lapangan itu sebelum dirinya bekerja di tempat tersebut. TR mengakumulasi bekerja di lapangan tersebut sekitar 2020.

“Saya juga dikasih tahu kalau ada beliau sediain itu aja. Yang ngasih tahu pengurus sini. Singkong sama jagung rebus,” ucapnya.

TR mengatakan Firli tak memiliki jadwal pasti bermain bulu tangkis di lapangan itu. Firli hanya bermain sesekali dengan ditemani sang istri.

“Dari dulu suka main di sini. Jadi, dia itu kalau ada waktu aja, lagi enggak ada kerjaan, paling olahraga ke sini sama ibunya. Tapi kalau lagi sibuk sih enggak,” kata TR.

Terpisah, Dirkrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak mengungkapkan pihaknya telah menyelidiki dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK terkait kasus di Kementan.

Dia mengatakan hingga kini sudah ada enam saksi yang telah diperiksa.

Diantaranya adalah Syahrul, sopir, dan ajudannya.

“Perlu disampaikan di sini bahwa enam orang telah dimintai keterangan ataupun klarifikasi oleh tim penyelidik Subdit Tipikor Direskrimsus Polda Metro Jaya.”

“Kemudian, tim penyelidik mulai melakukan undangan klarifikasi terhadap enam orang sampai saat ini, yang sudah kami minta keterangan maupun klarifikasinya. Salah satunya Mentan, lima orang lainnya driver maupun ADC beliau,” kata Ade Safri dalam konferensi pers, Kamis 5 Oktober 2023.

Ade Safri juga menjelaskan bahwa pihaknya menerima pengaduan masyarakat (dumas) pada 12 Agustus 2023 terkait dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan yang dilakukan oleh pimpinan KPK dalam penanganan perkara di Kementerian Pertanian tahun 2021.

“Adapun tindak lanjut dari dumas yang diterima, selanjutnya dilakukan upaya-upaya atau langkah-langkah untuk memverifikasi dumas yang dimaksud,” jelasnya.

Lantas tiga hari berselang, Polda Metro Jaya menerbitkan surat perintah pulbaket atau pengumpulan bahan keterangan sebagai dasar keterangan atas informasi dari dumas yang diterima.

Kemudian, surat perintah penyelidikan pun terbit pada 21 Agustus 2023.

“Sehingga tim penyelidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya melakukan serangkaian upaya penyelidikan untuk menemukan apakah ada peristiwa pidana yang terjadi dari dugaan tindak pidana yang dilaporkan,” tuturnya.

Ade Safri mengatakan selanjutnya pihaknya meminta klarifikasi sejumlah pihak dalam rentang 24 Agustus-3 Oktober 2023.

“Terakhir tadi, bapak menteri pertanian sore tadi (kemarin) tiba di ruang pemeriksa Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya untuk memberikan klarifikasi,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *