Pelaku Pembakaran Rumah Menewaskan Wartawan Serta Keluarganya Ditangkap Polda Sumut

0

“Para pelaku mengamati, lalu melakukan eksekusi dengan memakai campuran bahan bakar minyak jenis pertalite dan solar membakar rumah korban pada Kamis 27 Juni 2024 sekira pukul 03.00 WIB”

Mata Hukum, Jakarta – Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara berhasil menangkap R dan Y yang diduga sebagai pelaku pembakaran rumah menyebabkan kematian wartawan Rico Sempurna Pasaribu beserta tiga anggota keluarganya di Jalan Nabung Surbakti, Kabupaten Karo.

“Pelaku yang ditangkap bertindak sebagai eksekutor,” Ujar Kepala Polda Sumatera Utara Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi saat konprensi pers di Karo, Sumatera Utara, Senin 8 Juli 2024.

Agung melanjutkan mereka melakukan tindakan kejahatan tersebut sebagaimana rekaman CCTV, menangkap pergerakan mereka ke lokasi rumah korban.

Kemudian, para pelaku tersebut mengamati dan memantau, lalu melakukan eksekusi dengan memakai campuran bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite dan solar membakar rumah korban pada Kamis 27 Juni 2024 sekira pukul 03.00 WIB.

“Titik-titik abu yang kami periksa sesuai apa yang disampaikan pelaku, bahwa dia menyemprot, menyiramkan campuran antara solar dan pertalite ke dinding di depan maupun samping searah kamar korban kemudian dibakar,” jelas Agung.

Dalam fakta ini, menurut jenderal bintang tiga itu dapat disimpulkan tindakan tersebut merupakan kejahatan dan pihak kepolisian terus menguatkan pembuktian.

“Hari ini, kami tangkap eksekutornya, dan kami terus bekerja siapa yang terlibat kasus ini, tentu proses ini dilakukan,” kata Agung.

Dia mengatakan dua pelaku dapat dijerat dengan Pasal 187 KHUP. Menurutnya, pihaknya terus menguatkan pasal lainnya terkait pembakaran tersebut.

Polda Sumatera Utara telah menyita barang bukti yakni selimut, CCTV yang sudah melekat kepada para pelaku.

“Terkait motif, tentu kami gali apa yang nanti disampaikan pelaku, kami buktikan fakta ini masih bekerja, pekerjaan ini belum selesai,” tutut Kapolda.

Kronologi Dua Pelaku Melancarkan Aksi Sadis Membakar Rumah Wartawan

Dua pelaku pembakaran rumah Sempurna Pasaribu, wartawan Tribrata TV di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) telah ditangkap. Ini penampakan dua pelaku bernama Rudi Apri Sembiring (RAS) dan Yunus Syahputra Tanjung (YST) itu.
Kapolda Sumut Komjen Agung Setya Imam Effendi mengatakan kedua pelaku ini merupakan eksekutor. Keduanya membakar rumah korban dengan BBM campuran solar dan pertalite.

“Bahwa dia menyemprot, menyiram campuran solar dan pertalite ke rumah dan dinding-dinding depan maupun di samping ke arah kamar korban. Yang ke arah kamar korban tidak hanya disemprot, tapi buka tutupnya kemudian disiram di dalam, kemudian dibakar,” kata Agung saat konferensi pers di Mapolres Tanah Karo.

Agung menyebut sebelum melakukan pembakaran, para pelaku terlebih dahulu melakukan survei ke lokasi rumah korban dengan menggunakan sepeda motor. Hal itu, kata Agung, diketahui dari hasil pemeriksaan CCTV di sekitar lokasi.

“Sebagaimana CCTV pergerakan mereka di lokasi, mereka datang untuk mensurvei dulu, memastikan dulu. Kemudian mengeksekusi dengan membakar atau menyemprotkan dulu dua botol ini ke rumah korban, kemudian membakar rumah korban,” kata Agung.

Seperti diketahui peristiwa dibakarnya rumah oleh kedua pelaku tersebut menelan korban jiwa yakni Sempurna Pasaribu (wartawan), Efprida Boru Ginting (istri), Sudiinveseti Pasaribu (anak), dan Lowi Situngkir (cucu).

Matahukum/dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *