Pemilihan Ketua Induk Koperasi TKBM Ricuh, Peserta Walk Out

0

Agoes Budianto, calon ketua yang merasa didiskriminatif, melakukan walkout. Ia menilai sistem demokrasi dan nilai Koperasi sudah tidak menjadi pedoman lagi.

PADA hari ini, Rabu 10 Mei 2023, tepat sembilan hari setelah Hari Buruh Internasional, Induk Koperasi TKBM mengalami masalah internal. Prinsip-prinsip koperasi justru dilanggar oleh mereka yang membawa nama pengurus koperasi.

Dalam proses pemilihan Ketua Inkop yang baru, yang berlangsung di Jakarta, 8-10 Mei ini, sebagian peserta mengaku dibuat bingung oleh panitia pemilihan.

Seharusnya pemilihan ketua berlangsung pada Selasa (9/5). Namun panitia beralasan pembuatan tata tertib belum selesai. Panitia terkesan mengulur-ulur waktu.

Pada Rabu siang (10/5) lagi-lagi terjadi masalah. Peserta menganggap justru panitia yang melanggar tata tertib. Sebagian peserta merasa ada agenda tertentu yang memanfaatkan nama koperasi TKBM. Panpel cenderung diskriminatif, memihak satu calon dan menyingkirkan calon lain.

Dalam suksesi ini ada dua calon yang diusulkan anggota, yakni Agoes Budianto (Koperasi TKBM Dumai) dan M Nasir (Plt Ketua Inkop).

Agoes Budianto, calon ketua yang merasa didiskriminatif, melakukan walk out. Ia menilai sistem demokrasi dan nilai Koperasi sudah tidak menjadi pedoman lagi.

“Saya sangat menyayangkan hal ini terjadi, justru di forum yang membawa nama koperasi. Seharusnya panitia menjunjung prinsip-prinsip koperasi yang diajarkan Bapak Koperasi kita, Mohammad Hatta. Yakni prinsip keadilan, kejujuran, keterbukaan dan kekeluargaan,” ungkap Agoes Budianto.

Ia berharap masalah ini harus diselesaikan segera dengan bijaksana. Mengingat mulai muncul wacana dari peserta untuk membentuk wadah baru yang lebih aspiratif dan akomodatif untuk memperjuangkan nasib tenaga kerja bongkar muat pelabuhan seluruh Indonesia.

Nama wadah baru yang diusulkan adalah Induk Koperasi TKBM Indonesia.

“Kita pakai tegas nama Indonesia karena ada indikasi panitia membawa kepentingan tertentu,” kata seorang peserta. “Inilah jalan baru koperasi Indonesia.”

jotz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *