Pengamat, Prabowo Dapat Lawan Berat Jika Duet Ganjar – Andika Perkasa Terjadi di Pilpres 2024

0

“Isu duet Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa menyita perhatian publik pasca kehadiran Jenderal TNI Purn Andika Perkasa di puncak acara perayaan Bulan Bung Karno di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, pada Sabtu 24 Juni 2023 lalu”

Mata-Hukum, Jakarta – Capres dari Partai Gerindra Prabowo Subianto dapat lawan berat jika duet Ganjar Pranowo – Andika Perkasa terjadi di Pilpres 2024 nanti.

Isu duet Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa menyita perhatian publik pasca kehadiran Jenderal TNI Purn Andika Perkasa di puncak acara perayaan Bulan Bung Karno di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, pada Sabtu 24 Juni 2023 lalu.

Sebagian pengamat percaya duet sipil dan militer, yakni Ganjar Pranowo dan Andika Perkasa bakal menjadi pasangan kuat melawan kekuatan politik Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Apalagi sosok Andika Perkasa memang terbilang punya kedekatan dengan PDIP.

Mantan Panglima TNI itu tiba untuk mengikuti perayaan puncak Bulan Bung Karno yang diadakan oleh PDIP.

Pengamatan tim matahukum.net , Jenderal Andika tiba pukul 12.12 WIB bersama dengan dua pengawalnya.

Andika masuk melalui lobi timur dengan mengenakan batik berwarna merah dan kacamata hitam.

Sejumlah pihak mengaitkan kehadiran Andika Perkasa dengan sosok calon wakil presiden yang saat ini tengah digodok PDIP.

Tak dipungkiri bahwa Andika Perkasa digadang-gadang masuk dalam bursa calon wakil presiden Ganjar Pranowo yang diusung PDIP.

Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, menilai masuknya Andika Perkasa sebagai calon pendamping Ganjar Pranowo menarik.

Ini karena, menurut Yunarto, Andika Perkasa bisa memanfaatkan kekuatannya sebagai seorang jenderal untuk mendampingi Ganjar Pranowo dalam menghadapi bakal capres lain, yakni Prabowo Subianto, yang juga pensiunan jenderal.

“Munculnya nama Andika menurut saya jadi menarik, karena lawannya dari Ganjar ini kan yang paling kuat saat ini Prabowo. Dengan kelengkapan sosok jenderal di sampingnya itu jadi kekuatan tersendiri,” ujar Yunarto saat ditemui wartawan di Hotel JS Luwansa, Jakarta, pada Jumat 23 Juni 2023 malam lalu.

Yunarto menjelaskan, jika betul Ganjar memutuskan untuk menggandeng Andika ke Pilpres 2024, maka akan menjadi kombinasi sipil-militer.

Menurutnya, kekuatan nasionalis sipil cocok untuk bersanding dengan kekuatan militer.

“Misalnya kekuatan nasionalis secara sipil bersanding dengan kekuatan militer yang biasanya dianggap dekat dengan pemilih Islam, biasanya, itu bisa jadi kekuatan tersendiri,” tuturnya.

Lalu, Yunarto menyinggung hubungan Andika dengan mantan Kepala BIN AM Hendropriyono dan PDIP cukup baik selama ini.

Dia meyakini popularitas Andika masih terjaga meski sudah pensiun dari Panglima TNI.

Hanya saja, kata Yunarto, masih ada persoalan lain sebelum memutuskan cawapres Ganjar, yakni kepentingan para partai pendukung Ganjar.

“Artinya pertanyannya apakah Andika bisa dianggap menguntungkan PDIP? Apakah bisa dianggap menguntungkan PPP, yang sudah punya jagoan Sandiaga Uno? Atau Perindo atau Hanura? Saya pikir tantangan dari Mas Andika ada di situ,” imbuh Yunarto.

Baru-baru ini, Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengakui bahwa nama Andika Perkasa masuk dalam kandidat Ketua Tim Sukses (Timses) pemenangan Ganjar Pranowo dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Hal ini disampaikan Puan Maharani ketika ditanya peluang Andika menjadi Ketua Timses Ganjar. “

Ya, saya yang ditugaskan untuk kemudian nantinya itu membentuk tim. Masuk (Andika) dalam list saya,” kata Puan di sela-sela meninjau persiapan acara puncak Bulan Bung Karno (BBK), di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Kamis 22 Juni 2023 lalu.

Namun, Puan belum membahas lebih lanjut perihal tim pemenangan tersebut. Lebih lanjut, Puan menjawab soal kedekatan hubungan Andika Perkasa dengan PDI-P dalam beberapa waktu terakhir.

tim matahukum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *