Pimpinan Komisi III DPR, Adies Kadir Kagum Kepercayaan Publik ke Polri Naik 76,4% Dalam 10 Bulan

0

“Dari tahun lalu sejak Polri mulai reborn dari titik terendahnya, saya sudah sangat yakin cepat atau lambat Polri di bawah kepemimpinan Jenderal Listyo Sigit akan segera mengembalikan kepercayaan publik”

Mata-Hukum, Jakarta – Wakil Ketua Komisi III DPR RI Fraksi Golkar, Adies Kadir menyambut baik hasil lembaga survei Indikator Politik Indonesia yang menunjukkan tingkat kepercayaan publik terhadap Polri meningkat.

Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Timur I itu kagum dengan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo berhasil mengembalikan kepercayaan masyarakat usai Polri berada di titik rendah pada tahun lalu.


“Dari tahun lalu sejak Polri mulai reborn dari titik terendahnya, saya sudah sangat yakin cepat atau lambat Polri di bawah kepemimpinan Jenderal Listyo Sigit akan segera mengembalikan kepercayaan publik, dengan berbagai kerja-kerja cerdas, kerja-kerja keras dan kerja-kerja cepatnya,” kata Adies kepada wartawan, pada Senin 3 Juli 2023.

Adies yang juga Ketua Umum DPP Organisasi Masyarakat (Ormas) Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) itu memuji kinerja Kapolri dan jajaran yang mampu berbenah dalam kurun kurang dari setahun. Menurutnya, hal ini dapat tercapai atas program dan terobosan di Polri.

“Tapi yang membuat saya terkagum-kagum, hanya dalam waktu tidak sampai setahun, hanya 10 bulan, Jenderal Listyo Sigit dapat mengembalikan kepercayaan publik menjadi setinggi ini, 76,4 persen. Semua itu beliau lakukan dengan program-program dan terobosan-terobosan serta memberikan pelayanan yang betul-betul dirasakan oleh masyarakat kita,” tutur Adies.

Waketum Golkar ini pun berharap Polri semakin memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat. “Selamat buat Jenderal Listyo Sigit beserta seluruh jajaran Polrinya. Semoga di usia yang bertambah, semakin dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat. Salut buat Polri,” harapnya.

Seperti diketahui, Indikator Politik Indonesia merilis survei tingkat kepercayaan terhadap lembaga penegak hukum. Hasilnya, tingkat kepercayaan publik ke Polri meningkat menjadi 76,4%.

Survei ini digelar pada 20-24 Juni 2023 terhadap 1.220 responden. Survei dilakukan dengan cara wawancara tatap muka oleh pewawancara yang terlatih.

Pemilihan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling. Adapun margin of error survei +/- 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20% dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti.

Peneliti utama Indikator Burhanuddin Muhtadi mengungkap tren kepercayaan terhadap Polri meningkat. Burhanuddin menyebut kurang dari setahun Polri berhasil memulihkan citranya.

“Kepolisian juga mulai pulih, jadi yang percaya terhadap polisi di bulan Juni 2023 itu sudah mencapai 76,4% yang mengatakan sangat percaya 10,8% kita gabung dengan mengatakan cukup percaya,” kata Burhanuddin saat konferensi pers virtual, pada Minggu 2 Juli 2023 lalu.

Berikut tren kepercayaan terhadap Polri dalam penegakan hukum:
Agustus 2022 49,8%
September 2022 62,6%
November 2022 58,2%
Desember 2022 62,9%
Februari 2023 68,4%
April 2023 70,8%
Juni 2023 74,8%

Tren kepercayaan terhadap Polri dalam pemberantasan korupsi:
Agustus 2022 63,9%
September 2022 60,1%
November 2022 54,6%
Desember 2022 59,6%
Februari 2023 64,4%
April 2023 66,9%
Juni 2023 69,2%

Sementara itu, hasil tingkat kepercayaan terhadap Polri mendapat hasil sebagai berikut:
Pertanyaan: Tolong sebutkan tingkat kepercayaan Ibu/Bapak terhadap masing-masing lembaga tersebut? Apakah Ibu/Bapak sangat percaya, cukup percaya, kurang percaya, atau tidak percaya sama sekali?… (%)

Jawaban responden terkait kepercayaan pada Polri:

  • sangat percaya: 10,8%
  • cukup percaya: 65,6%
  • kurang percaya: 20,0%
  • tidak percaya sama sekali: 3,1%
  • tidak tahu/tidak jawab: 5%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *