Sederet Manfaat Temu Ireng untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

0

“Melansir dari buku berjudul Ilmu Bahan Makanan karya Yosfi Rahmi, Titis Sari Kusuma, temu ireng mengandung falvonoid, saponin, kurkuminoid, alkaloid, dan minyak atsiri. Kandungan tersebut membuat temu ireng banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal.

Temu Ireng. (Istimewa)

Mata-Hukum, Jakarta – Temu ireng, terkenal pahit tapi kaya akan manfaat. Berikut manfaat temu ireng untuk kesehatan tubuh Anda.
Para penggemar jamu tradisional pasti sudah familiar dengan temu ireng. Ya, temu ireng merupakan empon-empon yang kerab dijadikan bahan baku membuat jamu.

Temu Ireng. (Istimewa)

Sekedar info, temu ireng memiliki rimpang berwarna biru atau kelabu. Rimpang temu ireng memiliki banyak cabang dan rasa yang pahit.
Temu ireng banyak ditemukan di kebun atau pekarangan rumah. Maklum saja, temu ireng merupakan salah satu Tanaman Obat Keluarga (TOGA).


Sebagai bahan baku jamu tradisional, temu ireng mengadung antioksidan dan minyak atsiri.
Melansir dari buku berjudul Ilmu Bahan Makanan karya Yosfi Rahmi, Titis Sari Kusuma, temu ireng mengandung falvonoid, saponin, kurkuminoid, alkaloid, dan minyak atsiri.

Temu Ireng

Kandungan tersebut membuat temu ireng banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal.
Manfaat temu ireng untuk kesehatan

Dari seluruh bagian tanaman, rimpang temu ireng yang kerab dimanfaatkan sebagai obat herbal.
Untuk Anda yang belum pernah mencoba, jangan terkejut rasa temu ireng pahit. Ini manfaat temu ireng untuk kesehatan tubuh Anda.

Temu Ireng. (Istimewa)
  1. Ambeien
    Anda penderita Ambeien? Temu ireng bisa mengobati penyakit yang Anda derita.
    Melansir dari buku berjudul Tumbuhan Obat & Khasiatnya 3, membuat obat herbal untuk ambeien dari temu ireng cukup mudah.
    Anda kupas lalu parut 15 gram temu ireng. Setelah itu, Anda seduh parutan temu ireng dengan secangkir air panas.

Setelah dingin, Anda saring dan tambahkan kuning telur ayam dan 2 sendok makan madu. Anda aduk rata lalu minum sekaligus setelah bangun tidur.

  1. Kencing nanah
    Penyakit kencing nanah tidak hanya menyerang laki-laki tapi juga perempuan. Kencing nanah disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae.
    Penyakit kencing nanak bersifat menular dan harus segera ditangani. Bila tidak, kencing nanah bisa memicu infertilisasi alias kemandulan.
    Temu ireng dipercaya efektif mengobati kencing nanah. Untuk mendapatkan manfaatnya Anda tumbuk 10 gram temu ireng, 30 gram daun pegagan, 5 gram umbi gadung.
    Setelah halus Anda seduh dengan 3 gelas air panas lalu saring. Anda minum ramuan herbal tersebut 3 kali sehari.
  2. Penetralisir racun
    Temu ireng juga bermanfaat untuk menetralisir racun di dalam tubuh. Anda parut 20 gram temu ireng.
    Selanjutnya, Anda rebus parutan temu ireng dengan daun takokak dan 3 gelas air. Anda rebus sampai mendidih sampai menyisahkan air setengahnya.
    Anda saring dan minum sekaligus selagi hangat.
  3. Melancarkan haid
    Sebagian perempuan pasti ada yang mengalami haid tidak lancar. Sereh dipercaya mampu melancarkan haid.

Anda rebus 10 gram – 30 gram temu ireng segar sampai mendidih. Setelah itu Anda minum air rebusan temu ireng selagi hangat.

  1. Rematik
    Temu ireng bersifat analgesik alias pereda nyeri. Selain itu temu ireng juga mengandung antioksidan yang bermanfaat meredakan rematik.
    Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup merebus 10 gram -30 gram temu ireng sampai mendidih. Setelah itu, Anda minum air rebusan temu ireng selagi hangat.
  2. Mendukung Pertumbuhan Rambut
    Ekstrak minyak temu ireng bisa dimanfaatkan untuk mendukung dan mempercepat pertumbuhan rambut.
    Beberapa kandungan senyawa dalam temu ireng bersifat antiandrogen yang mampu membantu pertumbuhan rambut. Dalam suatu studi, ekstrak minyak temu ireng yang dioleskan kepada orang gundul terbukti efektif menumbuhkan rambut dengan cepat.
  3. Melawan Mikroba Penyebab Penyakit
    Mikroorganisme, seperti bakteri, jamur, dan kuman dapat menginfeksi bagian tubuh, sehingga membuat tubuh terserang penyakit. Ada banyak jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi dari patogen-patogen tersebut.

8. Temu ireng dapat dimanfaatkan untuk melawan mikroba penyebab penyakit. Kandungan senyawa dalam temu ireng memiliki sifat antimikroba, antibakteri, hingga antijamur. Kandungan tersebut dapat membunuh bakteri, jamur, dan kuman dengan cara menghancurkan sel tubuh patogen tersebut.


Ekstrak minyak temu ireng dapat membunuh bakteri-bakteri tertentu, seperti Staphylococcus aureus, Bacillus cereus, dan lain-lain. Tak hanya itu, minyak temu ireng juga bisa membasmi jamur Candida albicans.

9. Mengurangi Peradangan

Manfaat temu ireng selanjutnya adalah mengurangi peradangan. Khasiat tersebut diperoleh dari kandungan flavonoid, terpenoid, dan steroid yang dimiliki oleh temu ireng.
Senyawa tersebut bisa membantu mengurangi inflamasi, sehingga mampu meredakan nyeri dan rasa sakit akibat adanya peradangan dalam tubuh. Temu ireng juga mengandung senyawa bersifat antinociceptive yang mampu meningkatkan toleransi atau mengurangi rangsangan berbahaya yang menyebabkan munculnya rasa sakit dan nyeri.

10. Menjaga Kesehatan Usus
Manfaat temu ireng selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan usus. Temu ireng memiliki sifat antelmintik yang mampu melumpuhkan cacing dalam usus, sehingga cacing mudah dikeluarkan dengan sisa makanan.
Banyaknya jumlah cacing dalam usus dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan, khususnya gangguan pencernaan, seperti diare, sembelit, hingga radang usus.

Menangkal Radikal Bebas
Temu ireng bisa membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan tubuh yang mengakibatkan munculnya penyakit. Manfaat ini diperoleh dari kandungan flavonoid dalam temu ireng yang bersifat antioksidan.

Paparan radikal bebas bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, termasuk kanker. Radikal bebas juga dapat mengakibatkan stres oksidatif yang menimbulkan penyakit radang sendi, penyakit jantung, hingga penyakit autoimun yang membahayakan kesehatan tubuh.

11. Menjaga Daya Tahan Tubuh
Temu ireng dapat membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalannya. Dengan begitu, daya tahan tubuh menjadi lebih kuat dan bisa menghindari berbagai faktor yang menyebabkan penyakit.
Temu ireng mengandung senyawa flavonoid dan diarylheptanoid yang terbukti efektif dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Kedua jenis antioksidan tersebut juga melindungi fungsi organ mata serta memperkuat tulang.

12. Melawan Kanker
Manfaat temu ireng lainnya adalah dapat mencegah munculnya sel-sel yang bersifat ganas, seperti kanker. Temu ireng diperkaya dengan antioksidan alami yang mampu menurunkan risiko penyakit kanker.
Beberapa senyawa dalam temu ireng memiliki sifat antiproliferatif, seperti tropolone yang dapat membantu mencegah munculnya sel kanker dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Cara Mengonsumsi Temu Ireng

Untuk memperoleh manfaat temu ireng, Anda bisa mengonsumsinya dengan beberapa cara. Salah satu cara paling umum adalah mengonsumsinya sebagai jamu. Berikut cara mengonsumsi temu ireng:
Kupas beberapa potong temu ireng, kunyit, dan temulawak secukupnya
Setelah itu, cobalah haluskan temu ireng dan bahan lainnya hingga berbentuk pasta
Seduhlah temu ireng yang sudah halus dengan secangkir air panas. Jangan lupa untuk menyaring ampasnya.


Tambahkan pemanis alami, seperti madu
Konsumsilah jamu temu ireng segelas setiap hari untuk memperoleh manfaatnya
Selain itu, temu ireng juga bisa dikonsumsi sebagai teh herbal.

Caranya dengan merebus temu ireng selama 30 menit, kemudian mengambil air rebusannya untuk diminum. Saat ini juga terdapat banyak minyak ekstrak temu ireng yang bisa digunakan sebagai obat luar.

Efek Samping Mengonsumsi Temu Ireng
Mengutip dari Essential Oil Safety: A Guide for Health Care Professionals oleh Robert Tisserand dan Rodney Young, tidak ada efek samping yang serius dari mengonsumsi temu ireng, khususnya untuk penggunaan topikal. Selama dikonsumsi tidak berlebihan, temu ireng tidak akan menimbulkan efek samping yang membahayakan tubuh.
Efek samping mungkin akan muncul apabila seseorang memiliki alergi terhadap kandungan yang dimiliki oleh temu ireng. Untuk menghindari hal ini, cobalah untuk konsultasikan dengan dokter terkait penggunaan temu ireng sebagai obat untuk kesehatan tubuh.
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *