Segera Pensiun, Ini 3 Jenderal Kandidat Pengganti KSAD Dudung Diantaranya ada Jenderal Maruli Simanjuntak

0

“Maruli Simanjuntak, Putra Pematangsiantar ini juga mengantongi beberapa tanda penghargaan dari luar negeri, seperti Special Forces Distinctive Unit Insignia (US Army), Master Parachutist Badge (Royal Thai Army), dan Master Parachutist Badge (Singapore Army)”

Mata-Hukum, Jakarta – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman tak lama lagi akan pensiun lantaran masa jabatannya tinggal empat bulan lagi terhitung dari bulan Juli.

Seperti diketahui bahwa Jenderal Dudung akan segera purnatugas sesuai dengan masa jabatannya yang berakhir pada 19 November 2023 mendatang.

Kini, muncul beberapa nama yang akan menjadi pengganti KSAD usai Jenderal Dudung meninggalkan kursi kepemimpinannya.

Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) kepada wartawan menyebutkan ada tiga pengganti Jenderal Dudung yakni Kepala BNPB Letjen Suharyanto (Akmil 1989), Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak (Akmil 1992), dan Wakasad Letjen Agus Subiyanto (Akmil 1991).

Berikut masing-masing profil singkat ketiga pengganti KSAD yang semuanya kantongi jabatan perwira.

Kepala BNPB Letjen Suharyanto

Sejak 17 November 2021 lalu, Suharyanto mengemban amanat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Pria kelahiran 8 September 1967 ini sempat melalang buana di Raider Infanteri dan Kostrad.

Seperti diketahui Letjen TNI Suharyanto memulai kariernya di militer dengan menamatkan studi di Akmil pada 1989. Suharyanto juga melanjutkan pendidikan militer di Sesko TNI dan menjadi lulusan terbaik tahun 2013.

Sebelum didapuk sebagai Kepala BNPB, Suharyanto menjabat sebagai Panglima Kodam (Pangdam) V Brawijaya. Suharyanto juga sempat dipercayai untuk menjabat Sesmilpres Kemensetneg RI (2019—2020).

Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak

Selain Suharyanto, ada sosok Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang masuk ke dalam bursa calon Kuat KSAD.

Adapun Maruli kini mengemban amanat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat sejak 31 Januari 2022 lalu. Jenderal Bintang Tiga ini pernah menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana.

Karier Maruli di militer bermula kala ia lulus Akmil pada 1992. Maruli pada masa-masa awal kariernya tergabung dalam Infanteri cabang Kopassus dan Detasemen Tempur Cakra.

Maruli juga sempat berkarier sebagai Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Presiden Jokowi. Ia sempat menjabat Wadanpaspampres (2017—2018) dan Danpaspampres (2018—2020).

Pria kelahiran Pematangsiantar ini juga mengantongi beberapa tanda penghargaan dari luar negeri, seperti Special Forces Distinctive Unit Insignia (US Army), Master Parachutist Badge (Royal Thai Army), dan Master Parachutist Badge (Singapore Army).

Usut punya usut, Maruli juga merupakan menantu dari Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan.

Wakasad Letjen Agus Subiyanto

Letnan Jenderal TNI H. Agus Subiyanto namanya juga turut disebut sebagai kandidat kuat pengganti Jenderal Dudung.

Agus berkarier di Kopassus usai lulus dari Akmil angkatan 1991. Kini Agus menjabat sebagai Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat.

Tak mau kalah dengan dua kandidat lainnya, Agus sempat menjabat Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi dan Danpaspampres (2020—2021).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *