Semakin Memanas Rusia vs Ukraina, Slovakia Kirim 13 Jet Tempur MiG-29 ke Ukraina

0

“Perdana Menteri Slovakia Eduard Heger: Kami akan menyerahkan 13 jet MiG-29 kami ke Ukraina”

Ilustrasi, pesawat jet tempur. (Istimewa)

Mata-Hukum, Jakarta – Slovakia mengikuti jejak Polandia mengirimkan jet tempur untuk Ukraina. Perdana Menteri Slovakia Eduard Heger pada Jumat 17 Maret 2023 waktu setempat mengungkapkan selain mengirimkan jet tempur, negaranya juga akan memberikan sistem pertahanan udara Kub ke Ukraina.

Perdana Menteri Slovakia Eduard Heger. (Istimewa)

“Kami akan menyerahkan 13 jet MiG-29 kami ke Ukraina,” kata Heger kepada wartawan dikutip dari AFP, pada Sabtu 18 Maret 2023.


“Kami memberikan MiG ini ke Ukraina sehingga dapat melindungi warga sipil dari banyak bom yang jatuh di rumah mereka dan itulah alasan mengapa orang-orang sekarat di Ukraina,” kata Heger.

Ilustrasi, pesawat jet tempur. (Istimewa)


Sebelumnya pada Kamis Maret 2023 Polandia mengatakan akan mengirim empat jet MiG-29 buatan Soviet ke Ukraina dalam beberapa hari mendatang.

“Langkah kami sepenuhnya dikoordinasikan dengan Polandia dan Ukraina,” kata Heger.

Ilustrasi, pesawat jet tempur. (ACSSU-OFFICIAL-20220303-0033-AAR Enhanced Vigilance)


Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berterima kasih atas pemberian jet dan sistem pertahanan udara dari Slovakia.
Respons Rusia
Rusia bereaksi terkait rencana pemberian jet tempur dari Polandia dan Slovakia untuk Ukraina. Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov dengan tegas mengatakan jet tempur itu akan segera dihancurkan pihaknya.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov

“Pasokan peralatan militer ini – seperti yang telah kami katakan berulang kali – tidak akan mengubah hasil dari operasi militer khusus… Tentu saja, semua peralatan ini akan dihancurkan,” kata Peskov kepada wartawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *