Sosok Beberapa Jenderal yang Layak Gantikan Wakapolri Komjen Gatot Eddy

0

“Setidaknya ada 5 sosok jenderal berpangkat Komjen yang disebut-sebut layak atau bakal menjadi calon kuat Wakapolri pengganti Komjen Gatot Eddy”

Mata-Hukum, Jakarta – Sejumlah nama kuat mulai bermunculan menggantikan Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono yang memasuki purna tugas pada Juni 2023.

Setidaknya ada 5 sosok jenderal berpangkat Komjen yang disebut-sebut layak atau bakal menjadi calon kuat Wakapolri pengganti Komjen Gatot Eddy.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso kepada matahukum, pada Sabtu 3 Juni 2023.

Dalam kesempatan tersebut Sugeng menyebutkan ada 3 nama yang paling mencuat di antara 5 kandidat jenderal bintang 3 itu yakni Komjen Pol Ahmad Dofiri yang saat ini menjabat sebagai Irwasum Polri, Komjen Pol Agus Andrianto dengan keahlian reserse dan Komjen Pol Purwadi Arianto yang saat ini menjabat Kalemdikpol.

Berikut 3 Perwira Tinggi Polri Berpangkat Komjen Pol berpeluang menjadi Wakapolri;

  1. Komjen Pol Agus Andrianto, Kabareskrim Akpol 89 dengan keahlian reserse dan salah satu anggota TimSus kasus Jenderal Sambo.
  2. Komjen Pol Ahmad Dhofiri, Akpol 89 , Irwasum saat ini, peraih adhi makayasa 89 yang juga salah satu anggota TImSus Kasus Jenderal Sambo dengan keahlian Intelijen.
  3. Komjen Pol Purwadi, Akpol 88 Kalemdiklat saat ini dengan keahlian reserse.

Posisi Wakapolri lanjut Sugeng, perlu di isi oleh polisi senior diatas pak Kapolri. Hal itu dikarenakan dapat menjadi pembina, komunikator antara para jenderal yang masih ada di Polri yang senior dan juga dengan para senior yang sudah pensiun.

Selain itu juga ungkap pengacara senior itu, posisi Wakapolri sama dengan posisi Kapolri adalah posisi yang politis. Dimana harus punya hubungan emosional juga dengan Presiden. Nah dari 3 yang ada masing masing memiliki jalur komunikasi dengan Presiden.

Selain 3 jenderal 88 dan 89, kata Sugeng terdapat 2 jenderal 1 angkatan Kapolri yaitu Komjen Fadil Imran Kabaharkam saat ini, Akpol 91 dan Komjen Wahyu Widada Kabaintelkam, Akpol 91 yang adalah Adhi Makayasa angkatan 91.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *