Sosok Filianingsih yang Disepakati DPR Jadi Deputi Gubernur BI

0

“Hal ini diputuskan dalam rapat internal Komisi XI DPR setelah menjalani uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test terhadap dua calon. Selain Fili, calon yang diuji adalah Dwi Pranoto”

Filianingsih Hendarta terpilih sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia. (Istimewa)

Mata-Hukum, Jakarta – Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI memilih Filianingsih Hendarta sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), menggantikan Dody Budi Waluyo yang segera habis masa tugasnya pada April 2023.
Hal ini diputuskan dalam rapat internal Komisi XI DPR setelah menjalani uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test terhadap dua calon. Selain Fili, calon yang diuji adalah Dwi Pranoto.

Filianingsih Hendarta terpilih sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia. (Istimewa)

“Berdasarkan pertimbangan tadi rapat internal, maka diputuskan secara aklamasi adalah Filianingsih,” kata Anggota Komisi XI DPR Misbakhun usai rapat internal, pada Senin 13 Februari 2023.

Selanjutnya hasil rapat internal akan dibawa ke sidang paripurna DPR RI dan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Berikut profil dari Filianingsih Hendarta:

Dikutip dari data BI, Filianingsih lahir di Surabaya pada tahun 1963. Menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang Hukum Universitas Airlangga pada tahun 1985. Mendapatkan gelar Master di bidang Economics & Finance dari Boston University, USA pada tahun 1992.

Filianingsih Hendarta terpilih sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia. (Istimewa)

Filianingsih yang akrab dipanggil Fili merupakan pejabat senior di BI. Dia mengawali karier di BI pada tahun 1986. Dari laman Linkedin, Fili diketahui merintis karir sebagai staf Departemen Internasional BI pada tahun tersebut. Hingga kemudian, pindah ke Kantor Perwakilan Surabaya.

Seiring bertumbuhnya kariernya, Fili pun menjajal jabatan sebagai Kepala Departemen Pengelolaan Moneter (2013-2015), Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial (2015-2019).

Filianingsih Hendarta terpilih sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia. (Istimewa)

Fili saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran sejak tahun 2019. Publik dan stakeholder BI mengenal beliau sebagai sosok yang aktif dalam memperkuat sistem pembayaran. Dirinya bahkan diketahui sukses mengawal Blueprint Sistem Pembayaran 2025.

Profil Filianingsih Hendarta yang Baru Terpilih Deputi Gubernur BI

DPR merestui Filianingsih Hendarta menjadi deputi gubernur Bank Indonesia (BI) baru. Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI itu akan menggantikan posisi Dody Budi Waluyo yang habis masa jabatan pada April 2023.
Wanita yang akrab disapa Fili ini lahir di Surabaya pada 1963. Menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang Hukum Universitas Airlangga pada 1985. Mendapatkan gelar Master di bidang Economics & Finance dari Boston University, USA pada 1992.

Filianingsih Hendarta terpilih sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia. (Istimewa)

Fili adalah pejabat senior di BI. Ia mengawali karier di BI pada 1986. Fili diketahui merintis karir sebagai staf Departemen Internasional BI pada tahun tersebut. Hingga kemudian, pindah ke Kantor Perwakilan Surabaya.

Seiring bertumbuhnya kariernya, Fili pun menjajal jabatan sebagai Kepala Departemen Pengelolaan Moneter (2013-2015) dan Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial (2015-2019).

Fili saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran sejak tahun 2019.

Publik dan stakeholder BI mengenal beliau sebagai sosok yang aktif dalam memperkuat sistem pembayaran. Dirinya bahkan diketahui sukses mengawal Blueprint Sistem Pembayaran 2025.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *