Sosok Kombes Pol Iman Setiawan Saat Ini Menjabat Kabid Propam Polda Jatim

0

Mata-Hukum, Jakarta – Seperti diketahui Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Dr Toni Harmanto,MH memimpin langsung kegiatan pacara serah terima jabatan (sertijab) di lingkup pejabat Polda Jatim, yang dilaksanakan di Gedung Patuh Lantai 2, Mapolda Jatim, pada Kamis 19 Januari 2023 lalu.

Gerbong mutasi Polri bergulir setelah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi beberapa perwira di jajaran Kepolisian seluruh Indonesia.

Di Polda Jawa Timur, sejumlah Kapolres dan Pejabat Utama Polda Jatim juga bergulir, termasuk Kabid Propam.

Untuk Kabidpropam Polda Jatim dijabat oleh AKBP Iman Setiawan, yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Binkar ROSDM Polda Jatim.

Sosok Kombes Pol Iman Setiawan

Kombes Pol Iman Setiawan mulai mencuat namanya saat penyelidikan kasus Hotel Alexis Jakarta. Bagaimana tidak, Hotel Alexis yang terletak di bilangan Jakarta Utara dan tidak jauh dari kawasan wisata Ancol itu terkenal dengan sebutan “Surga Dunia”.

Hotel Alexis merupakan milik pengusaha Tirta Juwana Darmadji atau lebih dikenal sebagai Alex Tirta.

Polisi menyelidiki dugaan tunggakan royalti oleh Hotel Alexis yang beralamat di Jalan ME Martadinata, Jakarta Utara. Managemen Hotel Alexis diduga tak membayar royalti atas penggunaan lagu untuk kepentingan bisnis.
Kapolda Metro Jaya saat itu dijabat Irjen Pol M Iriawan mengatakan, Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) Nasional selaku pelapor akan diperiksa dalam waktu dekat. “Kami lakukan penyelidikan dulu. Kalau ada indikasi, juga bukti permulaan, baru kami naikkan ke penyidikan,” kata Iriawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis 2 Maret 2017.


Kepala Subdirektorat Industri dan Perdagangan AKBP Iman Setiawan mengatakan LMK melaporkan Hotel Alexis pekan lalu. Sejumlah produser rekaman mengeluhkan Alexis tak membayar royalti selama 2016.

Dia dilaporkan karena tidak bayar royalti pada LMK yaitu produser rekaman, masih dalam proses penyelidikan,” kata Iman .
Iman mengatakan saat ini pihaknya belum memanggil LMK maupun pihak Alexis. Sesuai Undang-undang Nomor 28 Tahun 2015 tentang Hak Cipta, LMK berwenang menghimpun dan mendistribusikan royalti kepada pencipta, pemegang hak cipta, atau pemilik hak terkait. “Ini khususnya untuk produser rekamannya,” ujar Iman.

Riwayat Jabatan Singkat;

Kasibid I Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Kapolres Kuningan, Polda Jawa Barat.

Kapolres Tangerang Selatan Polda Metro Jaya

Kabag Binkar ROSDM Polda Jatim

Kabid Propam Polda Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *