TNI Rebut Markas Kelompok Separatis Teroris Papua Pimpinan Manfred Fatem

0

“Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa: Beberapa barang bukti yang diamankan, diantaranya Bendera Bintang Kejora, 6 butir Amunisi Kaliber 5,56 mm,1 buah Teleskop, termasuk 1 buah Solar Cell”,

Mata Hukum, Jakarta – TNI berhasil menguasai markas Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) pimpinan Manfred Fatem di Dusun Sagu, Aifat Timur Jauh Maybrat, Papua Barat Daya, Kamis 25 Januari 2024 lalu.

Situasi tersebut membuat ruang gerak KSTP semakin terdesak.

Demikian disampaikan Dansatgas Yonif 133/Yudha Sakti Letkol Inf Andhika Ganessakti dalam keterangan yang diterima pada, Senin 29 Januari 2024.

“Kami telah berhasil menguasai dan menduduki Markas KKB pimpinan Manfred Fatem yang berada di Dusun Sagu-Aifat Timur Jauh,” kata Letkol Inf Andhika Ganessakti.

Dalam kesempatan tersebut Andhika menjelaskan, bahwa kejadian bermula dari hasil pengembangan berita informan dalam bahwa terdapat 2 orang simpatisan KSTP mengantar logistik ke hutan untuk mendukung gerakan KSTP Manfred Fatem.

Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa

Selanjutnya dilakukan penangkapan oleh Tim Mobile Yonif 133/Yudha untuk mendapatkan informasi lebih detail tentang Markas KSTP pimpinan Manfred Fatem.

TNI kemudian mengamankan Kampung Aisa, Distrik Aifat Timur Jauh, Maybrat, untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Hasil introgasi dua simpatisan tersebut maka dilakukan rencana penyergapan Markas KSTP pimpinan Manfred Fatem.

Namun, dalam penyergapan tersebut, TNI tidak menemukan anggota KSTP, karena diperkirakan informasi dan gerakan TNI sudah bocor.

Aparat menghancurkan markas KSTP tersebut dan menyita sejumlah barang bukti.

Sementara Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa dalam keterangannya membenarkan terkait Markas KSTP di Maybrat yang telah dikuasai dan dihancurkan TNI.

“Benar, bahwa Markas KSTP kodap IV /Sorong Raya di Maybrat pimpinan Manfred Fatem telah dikuasai dan dihancurkan TNI, namun saat penyergapan keburu ditinggalkan, sepertinya informasi bocor dan diketahui KSTP sebelum TNI mendekat ke Markas tersebut,” ujar Suriastawa.

Beberapa barang bukti yang diamankan, yakni Bendera Bintang Kejora, 6 butir Amunisi Kaliber 5,56 mm,1 buah Teleskop, termasuk 1 buah Solar Cell, beberapa senter, 2 lembar kartu KIS, 3 buah charger HP, 1 buah lensa kamera, 1 buah HP, beberapa busur berikut anak panahnya, bahan makanan dan beberapa jenis obat-obatan.

Saat ini masih dilakukan penyisiran terhadap tempat – tempat persembunyian kolompok KSTP pimpinan Manfred Fatem oleh aparat TNI POLRI diwilayah maybrat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *