Upaya Pencurian Kapal Digagalkan Ship Guard

0

Mata-Hukum, Dumai – Tiga petugas Ship Guard (Jaga Kapal) menggagalkan upaya pencurian kapal yang sedang sandar di pelabuhan Tersus Ivo Mas Tunggal, Lubuk Gaung, Dumai, Rabu dini hari (25/10).

Saat itu, sekitar pk 3.00 WIB, petugas ship guard yang menjaga kapal kargo MT Stolt Exellence melihat pergerakan mencurigakan di sisi kapal. Ada sebuah speed kayu berisi tiga orang mendekati kapal.

Petugas jaga kapal segera menyenter dan bersiap jika orang-orang yang mencurigakan tersebut naik kapal.

Begitu tahu ada penjaga kapal, speed kayu mencurigakan tersebut kemudian memutari kapal, seperti mencari tempat yang tidak dijaga. Di kapal, petugas ship guard berkoordinasi menutup sisi kosong kapal yang tidak terjaga.

Speed kayu mencurigakan itu kemudian bergerak ke kapal lain yg bersandar di dermaga Tersus Ivo Mas Tunggal. Segera petugas menghubungi kapal tersebut agar waspada. Tak lama lampu-lampu sorot kapal dan Tersus menerangi area tersebut. Suasana menjadi terang. Speed kayu mencurigakan tersebut lalu pergi meninggalkan area Tersus.

Ison, koordinator ship guard (PT CAS Dumai) yang ditugaskan agen kapal (PT Zenit Maritim Indonesia), menerangkan akan terus meningkatkan kewaspadaan stafnya menjaga kapal dan melakukan antisipasi serta koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

“Pencurian atau perampokan kapal biasanya terjadi pada jam-jam 2 pagi sampai 5 pagi. Kami tetap waspada di waktu-waktu tersebut,” kata Ison.

jotz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *