Usai Bakar Pasar, Gerombolan Teroris Papua Tembak 2 Warga Oksibil

0

"Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Johanis Parinussa: Kelompok Separatis Teroris (KST ) berulah kembali dengan menembak warga sipil, mengakibatkan 2 orang tertembak"

Mata-Hukum, Jakarta – Usai melakukan pembakaran pasar Serambakon dan kios milik masyarakat pada hari Senin 18 September 2023 pada pkl. 14.30 Wit di kampung Yapimakot, Distrik Serambakon, Kab. Peg. Bintang. Kelompok Separatis Teroris (KST ) berulah kembali dengan menembak warga sipil, mengakibatkan 2 orang tertembak a.n. Mama RB (51) dan Sdr. YK (37), bertempat di Kampung Mabillabol, Distrik Oksibil, Kabupaten. Pegunungan Bintang, pada Senin 18 September 2023.

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Johanis Parinussa dalam keterangannya diterima pada Selasa 19 September 2023.

Akibat ulah gerombolan KST, kedua korban yakni Mama RB luka tembak dibagian betis kiri dan Sdr. YK (37) luka tembak dibagian betis kiri. Melihat kedua warga yang terkembak, kemudian Aparat keamanan bersama masyarakat lainnya mengevakuasi kedua warga tersebut ke RSUD Pegunungan Bintang untuk mendapat penanganan medis.

Menindaklanjuti kejadian penembakan kedua warga, Aparat keamanan TNI Polri berupaya mengejar dan mencari para pelaku penembakan yang merupakan bagian dari gerombolan KST di wilayah Pegunungan Bintang, namun para pelaku berhasil kabur melarikan diri.

Terkait kejadian penembakan terhadap warga, diduga dilakukan oleh gerombolan KST Bintang Timur yang kerap beroperasi meneror dan mengintimidasi masyarakat di wilayah Oksibil Pegunungan Bintang. Bahkan sebelum penembakan terjadi, gerombolan KST melakukan penembakan kepada Aparat keamanan TNI Polri yang lokasinya tidak jauh dari kejadian penembakan warga.

Seorang Anggota Brimob Tewas Ditembak Teroris Papua

Dihari yang sama, ada seorang anggota polisi bernama Briptu Rudi Agung Azhari tewas dalam kontak tembak dengan Kelompok Separatis Teroris (KST) di Kampung Yapimakot, Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan.

Saat itu, personel Satgas Operasi Damai Carten diserang KKB saat tengah melakukan patroli pada Senin 18 September 2023 sekitar pukul 11.00 WIT.

“Saat tiba di jembatan tanjakan Kantor Distrik Serambakon, tiba-tiba terdengar bunyi rentetan tembakan yang dilakukan oleh KST dari kiri dan kanan sehingga terjadi kontak tembak,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo dalam keterangannya, Selasa (19/9/2023).
Atas serangan tersebut, anggota Brimob Sulawesi Utara BKO Polda Papua meninggal dunia karena mendapatkan luka tembak.

“Briptu Rudi Agung Azhari gugur setelah mengalami luka tembak di bahu kiri atas tembus ke belakang,” ungkapnya.

Setelah itu, kontak tembak berakhir dan para pelaku langsung melarikan diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *