Wakil Ketua Komisi 3 DPR Sahroni: Kapolri selain Tindak Calo Penerimaan Bintara, harus juga Tindak Calo Kenaikan Pangkat dan Mutasi

0

“Sahroni menilai ketegasan Kapolri sebagai bentuk komitmen Jenderal Listyo Sigit guna memastikan sumber daya manusia (SDM) Polri menjadi unggul dan berintegritas”

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo didampingi para pejabat tinggi Polri saat jumpa pers. (Istimewa)

Mata-Hukum, Jakarta – Wakil Ketua Komisi III DPR RI Fraksi Nasdem, Ahmad Sahroni mengapresiasi ketegasan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam menindak oknum polisi menjadi calo penerimaan Bintara Polri.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Fraksi Nasdem, Ahmad Sahroni. (Istimewa)

Kapolri sebelumnya menyatakan tidak segan-segan membatalkan kelulusan calon polisi yang melakukan praktik suap dalam Sekolah Inspektur Polisi (SIP).

Dia juga memerintahkan Propam Polda Jateng memecat tidak hormat alias PTDH oknum polisi jadi calo penerimaan bintara Polri agar tidak ada lagi anggotanya yang bermain-main.

Sahroni menilai ketegasan Kapolri sebagai bentuk komitmen Jenderal Listyo Sigit guna memastikan sumber daya manusia (SDM) Polri menjadi unggul dan berintegritas.

“Apresiasi langkah tegas Kapolri yang langsung turun tangan berantas oknum suap di dalam Sekolah Inspektur Polisi. Sudah saatnya Polri berbenah terkait praktik suap-menyuap ini,” ujar Sahroni melalui keterangan tertulis yang diterima, pada Selasa 21 Maret 2023.

Politisi Partai NasDem itu menyebut sudah saatnya Polri memastikan SDM yang dimiliki institusi itu benar-benar hasil seleksi murni tanpa kecurangan.

Namun lanjut Sahroni, Kapolri tidak berhenti pada penindakan calo penerimaan Bintara Polri dan praktik suap di SIP saja.

“Saya juga minta kepada Kapolri agar calo kenaikan pangkat dan mutasi juga ditindak tegas,” ucapnya.

Dalan kesempatan tersebut, Sahroni juga meminta agar keputusan Kapolri menjadi perhatian bagi seluruh polisi.

Bendahara Umum Nasdem itu ingin para pejabat Polri, terutama para Kapolda berani menindak tegas para pelaku pelanggaran. Sebab sikap dan komitmen Jenderal Listyo sudah tegas untuk menyikat seluruh anggota yang semena-mena.

“Kita sudah sama-sama ketahui komitmen Kapolri yang tidak akan menoleransi pelanggaran anggota. Jadi, mohon jadikan itu sebagai dasar pertimbangan, selalu beri sanksi tegas kepada para oknum yang masih tidak mau ikut aturan,’ tutup Sahroni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *