Wakil Ketua Komisi III DPR, Adies Kadir Minta Polri Buat Aturan Tangani WNA Onar

0

“Akhir akhir ini marak sekali warga negara asing khususnya di tempat tempat wisata yang berbuat seolah-olah berada di negara mereka”

Mata-Hukum, Jakarta – Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Adies Kadir, menyoroti aksi sejumlah bule yang membuat ulah. Salah satu kasus yang marak adalah banyaknya WNA di Bali dan Jawa Timur, yang berbuat onar serta melanggar aturan.

Adies meminta Polri membuat aturan untuk menangani WNA yang kerap membuat ulah tersebut.


“Akhir akhir ini marak sekali warga negara asing khususnya di tempat tempat wisata yang berbuat seolah-olah berada di negara mereka,” ujarnya saat rapat kerja Komisi III DPR RI dengan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, pada Rabu 12 April 2023.


“Kami berharap jajaran Polri juga mempunyai sistem dalam penanganan karena ini kan gampang-gampang susah menanganinya,” harap Adies.

Menurut dia, perlu ada terobosan agar bisa memberikan pelayanan dan juga pembelajaran terhadap warga asing yang melakukan tindakan semena-mena.

“Jadi mungkin ini juga bisa dicarikan satu terobosan agar supaya dapat memberikan pelayanan dan juga semacam pembelajaran terhadap warga negara asing yang berbuat semena-mena pada saat melakukan kunjungan kunjungan wisata khususnya apabila masyarakat lokal menjalankan ibadah ibadah adat yang sangat sakral,” tutur politisi Golkar itu.

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Silmy Karim menyatakan, akan menindak tegas wisatawan asing yang mengganggu ketertiban dan keamanan.


Pernyataan ini disampaikan Silmy untuk menindaklanjuti laporan masyarakat tentang adanya WNA yang berulah di beberapa tempat seperti di Bali dan Jawa Timur baru-baru ini.


“Saya sudah beri arahan untuk dilakukan operasi atas pelanggaran keimigrasian di Bali dan beberapa tempat yang ditengarai ada WNA yang mengganggu ketertiban, mengusik kedamaian, dan mengganggu roda perekonomian masyarakat, ” kata Silmy di sela-sela kunjungan kerja di Dubai pada Selasa 7 Maret lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *