Wujudkan Green Port,  PT KCN Rutin Tanam Mangrove di Kawasan Pelabuhan Marunda

0
pt kcn

Dirut PT KCN berfoto bersama dengan jajaran pemerintahan sesaat sebelum melakukan penanaman mangrove. (istimewa)

“Mangrove merupakan salah satu ekosistem pesisir yang memiliki peran sangat penting bagi kehidupan manusia”

Mata-Hukum, Jakarta – Baru baru ini PT KCN bersama Kantor KSOP Marunda melakukan penanaman 1.000 bibit mangrove di Kawasan Konservasi Mangrove Marunda di Jakarta Utara.   Itu dilakukan oleh PT KCN sebagai bukti komitmen untuk mewujudkan pelabuhan hijau (green port) di kawasan Pelabuhan Marunda. Hal itu disampaikan oleh Dirut PT KCN kepada Mata-Hukum, Sabtu 1 Oktober 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Widodo juga menjelaskan bahwa penanaman 1.000 bibit mangrove di Kawasan Konservasi Mangrove Marunda di Jakarta Utara itu yang baru kami lakukan pada Rabu 14 September 2022 sekaligus memperingati Hari Perhubungan Nasional.  “PT KCN berkomitmen mendukung target pemerintah untuk merehabilitasi lahan mangrove seluas 600.000 hektare hingga 2024. “Ini (penanaman mangrove) merupakan bukti komitmen kami dalam mewujudkan pelabuhan hijau (green port),” ungkap Widodo.

PT KCN melakukan penanaman bakau di kawasan Pelabuhan Marunda guna mendukung mewujudkan green port. (istimewa)

Sebelumnya kata Widodo, KCN juga melakukan penanaman bibit bakau Tahap I sepanjang 600 meter pada 2017 dan tahap II sepanjang 1.100 meter pada Juni 2022. Adapun jenis mangrove yang ditanam merupakan Rhizopora mucronata yang dapat menjadi pembatas alami antara perairan dan darat serta penyaring udara alami. “Mangrove yang kami ditanam merupakan bibit unggul yaitu Rhizopora mucronata yang dapat menjadi pembatas alami antara perairan dan darat serta penyaring udara alami,” paparnya

Sementara tanggapan pihak pemerintah dalam hal ini Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Marunda Patrick Pardede menyampaikan apresiasinya terhadap KCN yang konsisten dalam memperbaiki kelestarian lingkungan di sekitar kawasan pelabuhan. “Kami sangat mengapresiasi upaya KCN (dalam memperbaiki kelestarian lingkungan) dalam 1-2 bulan terakhir ini. Namun perbaikan itu memang memakan waktu, tidak bisa seperti membalikkan telapak tangan,” ungkap Patrick.

Dengan menjaga wilayah konservasi, imbuh Patrick, ekosistem menjadi terjaga. Ia mengakui kontribusi KCN terhadap target penerimaaan negara bukan pajak (PNBP) pihaknya yang pada tahun ini sekitar Rp24 miliar sekitar hampir 40%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *